PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MATA PELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR  SISWA KELAS 2 MI 18 MUHAMMADIYAH SUMBERREJO BOJONEGORO

Penulis

  • Denis Pramiswari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Bojonegoro, Indonesia Penulis
  • Fiki Dzakiyyatul Aula Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Bojonegoro, Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/5vph7t42

Kata Kunci:

Media gambar, Mata Pelajaran Fiqih, motivasi belajar, Prestasi Belajar

Abstrak

Berhasilnya suatu pembelajaran di tentukan oleh banyak factor di antaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta ketrampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan di harapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep konsep mata pelajaran yang akan di sampaikan.

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Penggunaan media Gambar dalam pembelajaran Fikih dalam meningkatkan motivasi siswa (2) Bagaimana penggunaan media gambar dalam pembelajaran Fikih dalam meningkatkan prestasi belajar siwa. Dan tujuan penelitian Tindakan ini (1) Ingin mengetahui Penggunaan media Gambar dalam pembelajaran Fikih dalam meningkatkan motivasi siswa, (2) Ingin mengetahui penggunaan media gambar dalam pembelajaran Fikih dalam meningkatkan prestasi belajar siwa

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas II A dan B MIM 18 Sumberrejo. Data yang di peroleh berupa tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil yang didapatkan bahwa motivasi dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari Siklus I sampai dengan Siklus III yaitu, Siklus I (78%), Siklus II (85,5%), siklus III (91,1%).Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggunakan media gambar dapat berpengaruh positif terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa II A dan B MIM 18 Sumberrejo serta media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Fikih.

The success of a lesson is determined by many factors, one of which is the teacher factor in carrying out the teaching and learning process, because teachers can directly influence, develop and improve students' intelligence and skills. To overcome the problems above and to achieve educational goals optimally, the role of the teacher is very important and it is hoped that the teacher will have good teaching methods/models and be able to choose the right learning model that is in accordance with the concepts of the subject matter that will be conveyed.

The problems to be studied in this research are (1) How the use of image media in learning Fiqh increases student motivation (2) How the use of image media in learning Fiqh increases student learning achievement. And the objectives of this action research are (1) Want to know the use of image media in learning Fiqh in increasing student motivation, (2) Want to know the use of image media in learning Fiqh in improving student learning achievement

This research uses action research (action research) for two rounds. Each round consists of four stages, namely design, activities and observations, reflection and revision. The target of this research was class II A and B students at MIM 18 Sumberrejo. The data obtained were in the form of formative tests, observation sheets of teaching and learning activities. From the results obtained, student motivation and learning achievement increased from Cycle I to Cycle III, namely, Cycle I (78%), Cycle II (85.5%), Cycle III (91.1%). Conclusions from this research is that using image media can have a positive effect on the motivation and learning achievement of II A and B MIM 18 Sumberrejo students and this learning media can be used as an alternative for learning Jurisprudence

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-18