Strategi Penguatan Karakter dalam Pencegahan Bullying di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Annisa Nidaur Rohmah Universitas Billfath Lamongan Author
  • Robi’atul Adhawiyah Universitas Billfath Lamongan Author

DOI:

https://doi.org/10.59829/xe4qkh67

Keywords:

Bullying, Penguatan Karakter, Strategi

Abstract

Bullying dapat terjadi di Madrasah Ibtidaiyah yang merupakan perbuatan tidak menyenangkan yang dialami pada peserta didik. Adanya bullying memberi banyak sekali dampak buruk yang terjadi pada peserta didik yang menjadi korban. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui Bentuk-bentuk bullying pada Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah, 2) Mengetahui Strategi Pencegahan bullying melalui Penguatan Karakter Peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1) Bentuk bullying pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah ada 3 macam. Bullying fisik meliputi menendang, mendorong, memukul. Bullying verbal meliputi: mengejek, menjuluki teman dengan nama lain atau nama orangtuanya, mengejek.  Bullying mental meliputi: tidak diajak bermain dan dijauhi. 2) Strategi Pencegahan bullying melalui Penguatan Karakter Peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah dilakukan melalui tiga strategi, yaitu: pengintegrasian nilai-nilai karakter pada proses pembelajaran, ekstrakulikuler pramuka dan melalui budaya sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-03-17 — Updated on 2025-05-23

Versions