Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Baca Tulis Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • Retno Safitri Universitas Hasyim Asy'ari Author
  • Muhammad Nuruddin Universitas Hasyim Asy’ari Author
  • Arisni Kholifatu Amalia Shofiani Universitas Hasyim Asy’ari Author
  • Desty Dwi Rochmania Universitas Hasyim Asy’ari Author

DOI:

https://doi.org/10.59829/ecsjds84

Keywords:

pengembangan, teks fiksi, teks nonfiksi, ular tangga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan ular tangga literasi materi 
teks fiksi dan nonfiksi. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and 
Development) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap (1) Define, (2) Design, 
(3) Develop, (4) Disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 
Mundusewu I Bareng Jombang sebanyak 21 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Media 
ular tangga dapat dikatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan 
mendapatkan validasi yang oleh validator ahli materi mendapatkan presentase sebesar 
96,10%, sedangkan validator media mendapatkan presentase sebesar 90%. (2) Media ular 
tangga literasi dapat dikatakan praktis dan layak untuk digunakan pada pembelajaran dengan 
memperoleh penilaian hasil observasi dangan presentase sebesar 90%. Sedangkan respon 
siswa kelas VI terhadap media permainan ular tangga literasi memperoleh presentase sebesar 
96.67%. (3) Media permainan ular tangga literasi dapat dinyatakan efektif digunakan dalam 
proses pembelajaran, dengan ketuntasan belajar memperoleh nilai sebesar 81%. 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-03-17