Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Baca Tulis Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59829/ecsjds84Keywords:
pengembangan, teks fiksi, teks nonfiksi, ular tanggaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan ular tangga literasi materi
teks fiksi dan nonfiksi. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and
Development) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap (1) Define, (2) Design,
(3) Develop, (4) Disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN
Mundusewu I Bareng Jombang sebanyak 21 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Media
ular tangga dapat dikatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan
mendapatkan validasi yang oleh validator ahli materi mendapatkan presentase sebesar
96,10%, sedangkan validator media mendapatkan presentase sebesar 90%. (2) Media ular
tangga literasi dapat dikatakan praktis dan layak untuk digunakan pada pembelajaran dengan
memperoleh penilaian hasil observasi dangan presentase sebesar 90%. Sedangkan respon
siswa kelas VI terhadap media permainan ular tangga literasi memperoleh presentase sebesar
96.67%. (3) Media permainan ular tangga literasi dapat dinyatakan efektif digunakan dalam
proses pembelajaran, dengan ketuntasan belajar memperoleh nilai sebesar 81%.




STIT Muhammadiyah Bojonegoro