Profil Pembelajaran Project Based Learning PadaPembelajaran IPAS Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Miftakhur Rizki STIT Muhammadiyah Bojonegoro Author
  • Eka Saptaning Pratiwi STIT Muhammadiyah Bojonegoro Author

DOI:

https://doi.org/10.59829/n1wdq605

Keywords:

IPAS, Madrasah Ibtidaiyah, Problem Baesd Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran IPAS siswa Madrasah Ibtidaiyah. Peneltian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di MI Muhammadiyah 18 Sumberrejo yang dilakukan pada kelas IV dengan jumlah peserta didik 28 yang terdiri dari 19 peserta didik perempuan dan 9 peseta didik laki-laki. Hasil penelitian menuntukkan penerapan pembelajaran model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran IPAS  Kelas IV di MI 18  Muhammadiyah Sumberrejo menunjukkan tahapan pembelajaran dengan mengadposi dari  sintaks pembelajaran dari Delise yang terdiri dari 6 langkah pembelajaran project based learning dengan hasil penelitian yang menunjukkan rata-rata sintaks pembelajaran project based learning dapat berjalan dengan kategori baik. Kesimpulan pelaksanaan pembelajaran model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran IPAS  Kelas IV di MI 18  Muhammadiyah Sumberrejo menunjukkan nilai rata-rata peserta didik mencapai 85.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-05-22