PENGARUH PENDIDIKAN NONFORMAL TERHADAP PEMAHAMAN AGAMA PADA JAMAAH PENGAJIAN AHAD PAGI MASYARAKAT MADANI DI KABUPATEN BOJONEGORO

Authors

  • Tariyono STIT Muhammadiyah Bojonegoro Author

DOI:

https://doi.org/10.59829/ap6wce79

Keywords:

Pengaruh, Pendidikan Nonformal, Pemahaman, Bermasyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggali apa yang mendasari Bagaimana Pengaruh Pendidikan
nonformal terhadap pemahaman agama pada jamaah pengajian ahad pagi “Masyarakat Madani”
di Kabupaten Bojonegoro, pendekatan yang digunakan kuantitatif, sejauhmana pemahaman
jamaah dapat terlibat dan memahami agama Islam. Permasalahan tersebut perlu dikaji karena
penulis menyadari bahwa kondisi masyarakat menjadi baik apabila semua pihak memiiliki
kepedulian terhadap lingkungan masyarakat dimana pendidikan merupakan sebuah kebutuhan,
agama juga kunci manusia untuk hidup berdampingan di lingkungan masyarakatnya tersebut
berada. Secara teoritis yaitu menelaah beberapa sumber literatur, sedangkan secara empiris
mengadakan penelitian lapangan, dengan menggunakan metode : observasi, interfiew,
dokumentasi, dan quesioner. Hasil dari penelitian ini ditemukan, pada taraf signifikansi 5 % pada
N = 60 menunjukkan angka 0,254, sedangkan nilai rxy yang diperoleh adalah : 0,421 Dengan
demikian rxy yang diperoleh lebih besar dari harga “r” dalam Tabel Taraf Signifikan 5%.
Sedangkan pada taraf signifikan 1% pada N = 60 menunjukkan angka: 0,330, sedangkan nilai
rxy yang diperoleh adalah 0,421. Maka rxy yang diperoleh lebih besar dari harga “r” dalam tabel
taraf signifikan 1%.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-05-05 — Updated on 2024-08-16

Versions