Penanaman Karakter Peduli Sosial Melalui ProgramSekolah
DOI:
https://doi.org/10.59829/xa83s645Keywords:
Karakter, Peduli Sosial, Program sekolahAbstract
Beberapa kasus tentang kurangnya kepedulian sosial di sekitar lingkungan masyarakat, seperti
ketika ada teman atau orang (tertimpa musibah), hal pertama yang dilakukan bukanlah
menolongnya. Namun, justru sebaliknya beberapa individu lebih sibuk mengabadikan momen
tersebut dengan memvidio, memoter, atau menyebarkan pada jejaring media sosial. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus latar empiris di MI Plus AlFatimah Bojonegoro. Sumber data primer pada penelitian ini yaitu guru kelas mulai dari kelas 1-
3. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara semi terstruktur dan
dokumentasi di MI Plus Al-Fatimah Bojonegoro. Dalam proses pengumpulan data peneliti
menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Hubarman. Proses penanaman karakter peduli
sosial pada peserta didik, terdapat dua tahapan yang dilakukan MI Plus Al-Fatimah Bojonegoro.
Pertama, adalah keteladanan guru. Kedua, adalah pembiasaan yang harus dilakukan secara
continue. Sedangkan dalam menguatkan kedua tahapan tersebut, ada beberapa program, yaitu
donasi korban bencana alam, dan bakti sosial.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2024-08-15 (2)
- 2023-05-05 (1)