Analisis Peran Guru dalam Menyesuaikan Strategi Pembelajaran Siswa Tunagrahita di SLB Negeri Saronggi
DOI:
https://doi.org/10.59829/f322s331Kata Kunci:
Role Of Teachers, Learning Strategies, Mentally Retarded StudentsAbstrak
Abstract: This study aims to explore how teachers adapt learning strategies for students with intellectual disabilities at SLB Negeri Saronggi. The research employs a qualitative approach, utilizing observation, interviews, and documentation to understand the teacher's role in designing, implementing, and evaluating instruction tailored to individual student needs. The findings reveal that teachers serve as designers, motivators, facilitators, and evaluators in the learning process. Strategy adaptation is carried out through needs assessments, the use of engaging and contextually relevant learning media, and the application of both individual and group approaches according to student characteristics. Furthermore, collaboration with parents and professionals enhances the effectiveness of the learning process. Continuous evaluation is conducted to ensure that the applied strategies remain appropriate and have a positive impact on student development. These findings highlight the crucial role of teachers in implementing comprehensive and flexible learning strategies to optimize the potential of students with intellectual disabilities at SLB Negeri Saronggi.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana guru menyesuaikan strategi pembelajaran bagi siswa tunagrahita di SLB Negeri Saronggi. Studi ini mengadopsi metode kualitatif dengan memanfaatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi guna memahami peran guru dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa guru menjalankan peran sebagai perancang, pemberi motivasi, fasilitator, dan penilai dalam proses pembelajaran. Penyesuaian strategi dilakukan melalui asesmen kebutuhan siswa, pemanfaatan media pembelajaran yang menarik serta relevan dengan konteks, dan penerapan pendekatan pembelajaran secara individu maupun kelompok yang sesuai dengan karakter siswa. Selain itu, kerja sama dengan orang tua dan tenaga profesional juga mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Evaluasi dilakukan secara berkelanjutan untuk menjamin bahwa strategi yang digunakan tetap relevan dan memberikan dampak positif bagi perkembangan siswa. Temuan ini menegaskan pentingnya peran guru dalam menerapkan strategi pembelajaran yang menyeluruh dan fleksibel untuk mengoptimalkan potensi siswa tunagrahita di SLB Negeri Saronggi.


STIT Muhammadiyah Bojonegoro