Implementasi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Media Daun dalam Pembelajaran IPA

Penulis

  • Anisyah Universitas PGRI Sumenep Indonesia Penulis
  • Intan Qurratul Aini Universitas PGRI Sumenep Indonesia Penulis
  • Lailatul Jannah Universitas PGRI Sumenep Indonesia Penulis
  • Nabila El Fajariyah Universitas PGRI Sumenep Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/1grzhm24

Kata Kunci:

Contxtual Teaching and Learning, Learning Media, Science, Elementary School

Abstrak

This study was motivated by the low level of student engagement in science learning, which is still dominated by conventional methods. The purpose of this study was to describe the implementation of media-based contextual learning in science education at SDN Parsanga IV. In order to obtain a more in-depth picture of the learning process, this study used a qualitative approach with a descriptive analytical method. Data were collected through observation, interviews, and documentation of fourth-grade teachers and students. In an effort to obtain a more in-depth picture of the learning process, this study used a qualitative approach with a descriptive analytical method. Data were collected through observation, interviews, and documentation of fourth-grade teachers and students. The results indicate that the use of leaf media can produce a more meaningful and interactive learning process. Students became more enthusiastic, active, and able to easily understand the concept of various leaf shapes because they were directly involved in observation activities. Contextual learning with leaf media has also been proven to increase learning motivation, critical thinking skills, and scientific attitudes in students. The main obstacles lie in the availability of materials and preparation time, but these can be overcome with teacher creativity.

Penelitian ini dilandasi dari rendahnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran IPA yang masih didominasi metode konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan implementasi pembelajaran kontekstual berbasis media daun dalam pembelajaran IPA di SDN Parsanga IV. Dalam upaya memperoleh gambaran yang lebih mendalam mengenai proses pembelajaran yang berlangsung, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru serta peserta didik kelas IV. Dalam upaya memperoleh gambaran yang lebih mendalam mengenai proses pembelajaran yang berlangsung, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru serta peserta didik kelas IV. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa penggunaan media daun dapat menghasilkan proses pembelajaran yang lebih bermakna dan interaktif. Peserta didik menjadi lebih antusias, aktif, dan mudah memahami konsep macam-macam bentuk tulang daun karena terlibat langsung dalam kegiatan pengamatan. Pembelajaran kontekstual dengan media daun juga terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar, kemampuan bernalar kritis, dan sikap ilmiah dalam diri peserta didik. Kendala utama terletak pada ketersediaan bahan dan waktu persiapan, namun dapat diatasi dengan kreativitas guru.

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-06