KONSEP PENDIDIKAN MENURUT MOHAMMADHATTA

Authors

  • Ahmad Syauqi Fuady STIT Muhammadiyah Bojonegoro Author

DOI:

https://doi.org/10.59829/r7jx4177

Keywords:

konsep, pendidikan, mohammad hatta

Abstract

Pendidikan adalah salah satu bidang yang menjadi perhatian Mohammad Hatta, sebelum dan
lebih-lebih setelah Indonesia merdeka. Tulisan ini ingin mengetahui bagaimana konsep
pendidikan Mohammad Hatta terutama tentang tujuan pendidikan, pendidikan karakter, dan
kebudayaan Indonesia? Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan
kajian pustaka (library research). Tulisan karya Mohammad Hatta dan penulis lain yang relevan
digunakan sebagai sumber data untuk dikaji dan dianalisis. Hasil kajian diketahui bahwa konsep
pendidikan Mohammad Hatta sangat serius, mendalam, dan holistik. Di antara konsep
pendidikan yang dikaji adalah tentang tujuan pendidikan, pendidikan karakter, dan kebudayaan
Indonesia. Pendidikan yang mendidik karakter, akhlak, moril bagi Mohammad Hatta harus
dijadikan tujuan utama dibandingkan pengajaran yang menguatamakan pengetahuan.
Pendidikan karakter lebih penting dibandingkan kecerdasan. Kecerdasan akan tumbuh subur di
tangan orang yang berkarakter. Kebudayaan Indonesia harus berdasarkan nilai-nilai agama.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-03-03 — Updated on 2024-08-30

Versions

How to Cite

KONSEP PENDIDIKAN MENURUT MOHAMMADHATTA. (2024). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1-14. https://doi.org/10.59829/r7jx4177 (Original work published 2023)