Analisis Kesalahan Calon Guru MI dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Jenis Kelamin

Authors

  • Seftyana Ayu Susanti STIT Muhammadiyah Bojonegoro Author

DOI:

https://doi.org/10.59829/02hapf16

Keywords:

kesalahan, penyelesaian masalah matematika, teori Kastolan

Abstract

Abstrak

Kesalahan dalam penyelesaian masalah matematika merupakan persoalan penting yang harus segera diatasi khususnya bagi seorang calon guru matematika. Teori Kastolan menjelaskan bahwa kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika terdiri atas kesalahan konseptual, prosedural, dan teknik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesalahan calon guru MI dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan teori Kastolan dengan ditinjau dari jenis kelamin. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tugas penyelesaian masalah matematika dan wawancara. Tekniuk analisis data yang dilakukan meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa calon guru MI dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan mengalami kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan teori Kastolan. Berdasarkan hasil tersebut, perlu mendapatkan perhatian bagi seluruh calon guru MI maupun bidang matematika lainnya untuk mewaspadai adanya kesalahan dalam penyelesaian masalah matematika agar calon siswa memperoleh pemahaman konsep yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

 

Kata Kunci: kesalahan, penyelesaian masalah matematika, teori Kastolan

 

Abstract

Errors in solving mathematical problems are an important problem that must be addressed immediately, especially for prospective mathematics teachers. Kastolan's theory explains that errors in solving mathematical problems consist of conceptual, procedural and technical errors. This type of research is descriptive research with a qualitative approach with the aim of describing the mistakes of prospective MI teachers in solving mathematics problems based on Kastolan theory in terms of gender. Data collection was carried out by giving mathematical problem solving assignments and interviews. The data analysis techniques used include data condensation, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research show that male and female MI teacher candidates experience errors in solving mathematics problems based on Kastolan theory. Based on these results, it is necessary to pay attention to all prospective MI teachers and other mathematics fields to be aware of errors in solving mathematical problems so that prospective students gain a correct and accountable understanding of concepts.

 

Keywords: errors, solving mathematical problems, Kastolan theory

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-03-16 — Updated on 2024-08-15

Versions