Implementasi Penggunaan Media Berbasis Video Untuk Melatihkan Critical Thinking Pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah

Penulis

  • Miftakhur Rizki STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis
  • Susi Susanti STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis
  • Siti Nurlela STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/1wayzc28

Kata Kunci:

media video, critical thinking, madrasah ibtidaiyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melatihkan critical thinking pada siswa kelas IV Madrasah 
Ibtidaiyah. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. 
Design dari penelitian ini adalah pre-experimental design tipe one group pretest-posttest. 
Hasil aktivitas siswa selama pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media video 
dalam melatihkan critical thinking menunjukkan bahwa pengguaan media pembelajaran 
video dapat menciptakan pembelajaran yang mendorong siswa dalam memperhatikan 
materi yang disampaikan. Hasil aktivitas guru menunjukkan data guru terlibat aktif dalam 
menciptakan pembelajaran yang menarik siswa. Dan hasil tes critical thinking
menunjukkan bahwa perolehan nilai dengan rata rata pada pretest adalah 72 meningkat 
menjadi 82,4 pada posttest. Nilai median pada pretest 73 meningkat menjadi 84 pada 
posttest. Nilai modus pada pretest sebesar 60 meningkat menjadi 73 dan 86 pada posttest. 
Nilai tertinggi pada pretest sebesar 90 meningkat 95 dengan nilai terendah pada pretest 60 
meningkat menjadi 72 pada posttest. Sedangkan untuk hasil respons siswa menunjukkan 
data yang berkategori baik.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-05 — Diperbaharui pada 2024-08-15

Versi