Implementasi Penggunaan Media Berbasis Video Untuk Melatihkan Critical Thinking Pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.59829/1wayzc28Kata Kunci:
media video, critical thinking, madrasah ibtidaiyahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melatihkan critical thinking pada siswa kelas IV Madrasah
Ibtidaiyah. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Design dari penelitian ini adalah pre-experimental design tipe one group pretest-posttest.
Hasil aktivitas siswa selama pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media video
dalam melatihkan critical thinking menunjukkan bahwa pengguaan media pembelajaran
video dapat menciptakan pembelajaran yang mendorong siswa dalam memperhatikan
materi yang disampaikan. Hasil aktivitas guru menunjukkan data guru terlibat aktif dalam
menciptakan pembelajaran yang menarik siswa. Dan hasil tes critical thinking
menunjukkan bahwa perolehan nilai dengan rata rata pada pretest adalah 72 meningkat
menjadi 82,4 pada posttest. Nilai median pada pretest 73 meningkat menjadi 84 pada
posttest. Nilai modus pada pretest sebesar 60 meningkat menjadi 73 dan 86 pada posttest.
Nilai tertinggi pada pretest sebesar 90 meningkat 95 dengan nilai terendah pada pretest 60
meningkat menjadi 72 pada posttest. Sedangkan untuk hasil respons siswa menunjukkan
data yang berkategori baik.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2024-08-15 (2)
- 2023-05-05 (1)