Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Aljabar Siswa Berdasarkan Persepsi Matematika
DOI:
https://doi.org/10.59829/0sjvbn74Kata Kunci:
Menyelesaikan Soal, Aljabar , Persepsi MatematikaAbstrak
Matematika adalah ilmu yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat banyak konsep yang wajib dikuasai siswa dalam mempelajari matematika salah satunya aljabar. Namun keberadaan matematika hingga saat ini masih menjadi momok bagi siswa yang salah satunya disebabkan karena persepsi siswa terhadap matematika itu sendiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan penyelesaian soal aljabar siswa berdasarkan kategori persepsi matematika yaitu persepsi negatif dan positif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes penyelesaian soal aljabar dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa kemampuan penyelesaian soal oleh siswa dengan masing-masing kategori persepsi matematis berbeda-beda. Siswa dengan persepsi matematis negatif cenderung gagal atau belum berhasil dalam memahami konsep aljabar dengan tepat dibandingkan siswa dengan persepsi matematika positif. Hasil ini dapat digunakan sebagai rujukan guru bahwa penting untuk mengondisikan persepsi siswa terhadap matematika agar mempengaruhi motivasi dan minat belajar siswa tersebut terhadap matematika.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2025-03-17 (2)
- 2025-05-22 (1)


STIT Muhammadiyah Bojonegoro