Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Baca Tulis Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59829/ecsjds84Kata Kunci:
pengembangan, teks fiksi, teks nonfiksi, ular tanggaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan ular tangga literasi materi teks fiksi dan nonfiksi. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap (1) Define, (2) Design, (3) Develop, (4) Disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Mundusewu I Bareng Jombang sebanyak 21 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Media ular tangga dapat dikatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan mendapatkan validasi yang oleh validator ahli materi mendapatkan presentase sebesar 96,10%, sedangkan validator media mendapatkan presentase sebesar 90%. (2) Media ular tangga literasi dapat dikatakan praktis dan layak untuk digunakan pada pembelajaran dengan memperoleh penilaian hasil observasi dangan presentase sebesar 90%. Sedangkan respon siswa kelas VI terhadap media permainan ular tangga literasi memperoleh presentase sebesar 96.67%. (3) Media permainan ular tangga literasi dapat dinyatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran, dengan ketuntasan belajar memperoleh nilai sebesar 81%.


STIT Muhammadiyah Bojonegoro