Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Baca Tulis Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Penulis

  • Retno Safitri Universitas Hasyim Asy'ari Penulis
  • Muhammad Nuruddin Universitas Hasyim Asy’ari Penulis
  • Arisni Kholifatu Amalia Shofiani Universitas Hasyim Asy’ari Penulis
  • Desty Dwi Rochmania Universitas Hasyim Asy’ari Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/ecsjds84

Kata Kunci:

pengembangan, teks fiksi, teks nonfiksi, ular tangga

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan ular tangga literasi materi teks fiksi dan nonfiksi. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap (1) Define, (2) Design, (3) Develop, (4) Disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Mundusewu I Bareng Jombang sebanyak 21 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Media ular tangga dapat dikatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan mendapatkan validasi yang oleh validator ahli materi mendapatkan presentase sebesar 96,10%, sedangkan validator media mendapatkan presentase sebesar 90%. (2) Media ular tangga literasi dapat dikatakan praktis dan layak untuk digunakan pada pembelajaran dengan memperoleh penilaian hasil observasi dangan presentase sebesar 90%. Sedangkan respon siswa kelas VI terhadap media permainan ular tangga literasi memperoleh presentase sebesar 96.67%. (3) Media permainan ular tangga literasi dapat dinyatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran, dengan ketuntasan belajar memperoleh nilai sebesar 81%.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-17