Profil Pembelajaran Project Based Learning PadaPembelajaran IPAS Siswa Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.59829/n1wdq605Kata Kunci:
IPAS, Madrasah Ibtidaiyah, Problem Baesd LearningAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran IPAS siswa Madrasah Ibtidaiyah. Peneltian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di MI Muhammadiyah 18 Sumberrejo yang dilakukan pada kelas IV dengan jumlah peserta didik 28 yang terdiri dari 19 peserta didik perempuan dan 9 peseta didik laki-laki. Hasil penelitian menuntukkan penerapan pembelajaran model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran IPAS Kelas IV di MI 18 Muhammadiyah Sumberrejo menunjukkan tahapan pembelajaran dengan mengadposi dari sintaks pembelajaran dari Delise yang terdiri dari 6 langkah pembelajaran project based learning dengan hasil penelitian yang menunjukkan rata-rata sintaks pembelajaran project based learning dapat berjalan dengan kategori baik. Kesimpulan pelaksanaan pembelajaran model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran IPAS Kelas IV di MI 18 Muhammadiyah Sumberrejo menunjukkan nilai rata-rata peserta didik mencapai 85.


STIT Muhammadiyah Bojonegoro