Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.59829/9qwj3471Kata Kunci:
aktifitas belajar, model pembelajaran, problem based learningAbstrak
Dalam pembelajaran, pengembangan potensi pendidikan siswa harus dilakukan secara menyeluruh dan
terpadu. Untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran guru memerlukan model
pembelajaran yang menyenangkan dan mampu meningkatakan keaktifan siswa dalam pelaksanaan
pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran di kelas IV dengan
model problem based learning terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan
pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran
PBL pada pembelajaran telah berhasil dilaksanakan dengan baik. Aktivitas siswa mengalami
peningkatan, terlihat pada aktivitas belajar siswa sebesar 75,6% meningkat menjadi 81,8%
diperoleh data keaktifan belajar siswa secara klasikal sebesar 78,7%. Peningkatan aktivitas
siswa kelas IV MI Hidayatul Mubtadi’in Mudung 73,5% menjadi 85,3% dengan perolehan
data klasikal sebesar 79,4% dari data tersebut dapat dikatakan bahwa penggunaan model problem
based learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa madrasah ibtidaiyah.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2024-08-15 (2)
- 2023-05-05 (1)