Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2023-05-05. Baca versi terbaru.

Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Penulis

  • Susi Susanti STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis
  • Fiki Dzakiyyatul Aula STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis
  • Vivin Irawati STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/9qwj3471

Kata Kunci:

aktifitas belajar, model pembelajaran, problem based learning

Abstrak

Dalam pembelajaran, pengembangan potensi pendidikan siswa harus dilakukan secara menyeluruh dan 
terpadu. Untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran guru memerlukan model 
pembelajaran yang menyenangkan dan mampu meningkatakan keaktifan siswa dalam pelaksanaan 
pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran di kelas IV dengan 
model problem based learning terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan 
pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran 
PBL pada pembelajaran telah berhasil dilaksanakan dengan baik. Aktivitas siswa mengalami 
peningkatan, terlihat pada aktivitas belajar siswa sebesar 75,6% meningkat menjadi 81,8% 
diperoleh data keaktifan belajar siswa secara klasikal sebesar 78,7%. Peningkatan aktivitas 
siswa kelas IV MI Hidayatul Mubtadi’in Mudung 73,5% menjadi 85,3% dengan perolehan 
data klasikal sebesar 79,4% dari data tersebut dapat dikatakan bahwa penggunaan model problem 
based learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa madrasah ibtidaiyah. 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-05

Versi