Pengembangan Media Lift The Flap Book (Buku Berjendela) Pada Pelajaran IPS Kelas IV di MI Islamiyah II Sidodadi Canggu Kediri
DOI:
https://doi.org/10.59829/kjqh2r52Kata Kunci:
Media pembelajaran, IPS, lift the flap book (buku berjendela)Abstrak
Penelitian ini dilakukan karena dilatarbelakangi oleh tidak efektifnya proses pembelajaran yang hanya mengandalkan Lembar Kerja Siswa (LKS), khususnya pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, ditemukan bahwa penggunaan LKS saja membuat materi yang disampaikan kurang dan sulit dipahami oleh peserta didik. Sebagaimana diketahui, pelajaran IPS merupakan salah satu pelajaran yang kurang menarik dan dianggap membosankan oleh sebagian besar siswa. Dalam hal ini, penggunaan media pembelajaran dapat membantu guru dan siswa untuk memahami materi pembelajaran, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan Research & Development (R&D). Penelitian ini dikembankan dengan lima langkah model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa media pembelajaran lift the flap book (buku berjendela) pada pelajaran IPS kelas IV sekolah dasar tentang materi “Kegiatan Ekonomi”. Media telah divalidasi oleh dosen PGMI sebagai ahli desain, dosen Ekonomi sebagai ahli materi dan guru kelas IV sebagai ahli pembelajaran. Kevalidan media lift the flap book (buku berjendela) berdasarkan hasil validasi ahli desain dengan rata-rata 84%. Selain itu, hasil dari validasi ahli materi dengan rata-rata 94,6% dan 92% hasil dari ahli pembelajaran. Berdasarkan hasil angket respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil memperoleh rata-rata 98%, sedangkan hasil uji coba kelompok besar memperoleh rata-rata 92%. Pada analisis N-Gain yang menunjukan kategori indeks N-Gain tinggi dengan keterangan efektif 9 (>76%) peserta didik. Kategori indeks N-Gain sedang dengan keterangan cukup efektif 14 (40-74%) peserta didik. Kategori indeks N-Gain rendah dengan keterangan tidak efektif 3 (<40%) peserta didik. Maka dapat disimpulkan media lift the flap book (buku berjendela) efektif diterapkan pada pelajaran IPS untuk materi kegiatan ekonomi kelas IV Madrasah Ibtidaiyah.