Penanaman Karakter Peduli Sosial Melalui Program Sekolah

Penulis

  • Fiki Dzakiyyatul Aula STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis
  • Ajeng Rara Veronica STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis
  • Dwi Sekar Sari STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/xa83s645

Kata Kunci:

karakter, peduli sosial, program sekolah

Abstrak

Beberapa kasus tentang kurangnya kepedulian sosial di sekitar lingkungan masyarakat, seperti 
ketika ada teman atau orang (tertimpa musibah), hal pertama yang dilakukan bukanlah 
menolongnya. Namun, justru sebaliknya beberapa individu lebih sibuk mengabadikan momen 
tersebut dengan memvidio, memoter, atau menyebarkan pada jejaring media sosial. Penelitian ini 
menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus latar empiris di MI Plus AlFatimah Bojonegoro. Sumber data primer pada penelitian ini yaitu guru kelas mulai dari kelas 1-
3. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara semi terstruktur dan 
dokumentasi di MI Plus Al-Fatimah Bojonegoro. Dalam proses pengumpulan data peneliti 
menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Hubarman. Proses penanaman karakter peduli 
sosial pada peserta didik, terdapat dua tahapan yang dilakukan MI Plus Al-Fatimah Bojonegoro. 
Pertama, adalah keteladanan guru. Kedua, adalah pembiasaan yang harus dilakukan secara 
continue. Sedangkan dalam menguatkan kedua tahapan tersebut, ada beberapa program, yaitu 
donasi korban bencana alam, dan bakti sosialeberapa kasus tentang kurangnya kepedulian sosial di sekitar lingkungan masyarakat, seperti 
ketika ada teman atau orang (tertimpa musibah), hal pertama yang dilakukan bukanlah 
menolongnya. Namun, justru sebaliknya beberapa individu lebih sibuk mengabadikan momen 
tersebut dengan memvidio, memoter, atau menyebarkan pada jejaring media sosial. Penelitian ini 
menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus latar empiris di MI Plus AlFatimah Bojonegoro. Sumber data primer pada penelitian ini yaitu guru kelas mulai dari kelas 1-
3. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara semi terstruktur dan 
dokumentasi di MI Plus Al-Fatimah Bojonegoro. Dalam proses pengumpulan data peneliti 
menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Hubarman. Proses penanaman karakter peduli 
sosial pada peserta didik, terdapat dua tahapan yang dilakukan MI Plus Al-Fatimah Bojonegoro. 
Pertama, adalah keteladanan guru. Kedua, adalah pembiasaan yang harus dilakukan secara 
continue. Sedangkan dalam menguatkan kedua tahapan tersebut, ada beberapa program, yaitu 
donasi korban bencana alam, dan bakti sosial

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-05 — Diperbaharui pada 2023-09-16

Versi