enguasaan TPACK & Kemampuan Abad 21 Bagi Guru Sekolah Dasar dalam Perspektif Kurikulum Merdeka

Penulis

  • Ajeng Rara Veronica STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis
  • Taryono STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis
  • Septi Ayu Puspita N STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/h29gwj69

Kata Kunci:

penguasaan TPACK, kemampuan abad 21, kurikulum merdeka

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor pentingnya penguasaan TPACK dan kemampuan 
abad 21 bagi guru sekolah dasar yang profesional dalam perspektif kurikulum merdeka. 
Penelitian ini berjenis penelitian studi pustaka. Adapun tahapan penelitiannya terdiri dari 
pengumpulan data melalui buku dan jurnal, reduksi data, penyajian data dan penarikan 
kesimpulan. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena penguasaan TPACK dan kemampuan 
abad 21 sangat dibutuhkan bagi guru sekolah dasar untuk mengimplementasikan kurikulum 
merdeka. Kurikulum merdeka dinilai sangat sesuai dengan tuntutan kemampuan yang dibutuhkan 
pada abad 21. Maka dari itu, untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka dibutuhkan guru 
sekolah dasar yang berkompetensi (profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial). Selain itu, 
guru sekolah dasar hendaknya juga mempunyai dan dapat mengimplementasikan penguasaan 
TPACK, kemampuan 4C, dan pendekatan HOTS dalam pembelajaran. Berdasarkan kemampuan 
tersebut, diharapkan dapat menciptakan pembelajaran di sekolah dasar yang merdeka, mandiri, 
kreatif, menyenangkan dan bermakna. 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-05 — Diperbaharui pada 2024-08-15

Versi