enguasaan TPACK & Kemampuan Abad 21 Bagi Guru Sekolah Dasar dalam Perspektif Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.59829/h29gwj69Kata Kunci:
penguasaan TPACK, kemampuan abad 21, kurikulum merdekaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor pentingnya penguasaan TPACK dan kemampuan
abad 21 bagi guru sekolah dasar yang profesional dalam perspektif kurikulum merdeka.
Penelitian ini berjenis penelitian studi pustaka. Adapun tahapan penelitiannya terdiri dari
pengumpulan data melalui buku dan jurnal, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena penguasaan TPACK dan kemampuan
abad 21 sangat dibutuhkan bagi guru sekolah dasar untuk mengimplementasikan kurikulum
merdeka. Kurikulum merdeka dinilai sangat sesuai dengan tuntutan kemampuan yang dibutuhkan
pada abad 21. Maka dari itu, untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka dibutuhkan guru
sekolah dasar yang berkompetensi (profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial). Selain itu,
guru sekolah dasar hendaknya juga mempunyai dan dapat mengimplementasikan penguasaan
TPACK, kemampuan 4C, dan pendekatan HOTS dalam pembelajaran. Berdasarkan kemampuan
tersebut, diharapkan dapat menciptakan pembelajaran di sekolah dasar yang merdeka, mandiri,
kreatif, menyenangkan dan bermakna.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2024-08-15 (2)
- 2023-05-05 (1)