Publications Ethics
Jurnal CAKRAWALA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah jurnal yang didedikasikan untuk bertukar hasil penelitian pada semua aspek pendidikan jenjang sekolah dasar.
Jurnal ini dapat diakses secara terbuka sehingga semua konten yang tersedia pada jurnal ini diperbolehkan untuk dibaca, diunduh, digandakan, disebarluaskan, dicetak atau menautkan sebagian atau seluruh bagian artikel tanpa biaya apapun dan tanpa izin terlebih dahulu dari penulis atau tim redaksi jurnal.
Fokus dan ruang lingkup jurnal adalah kajian dan analisis penelitian yang berkaitan dengan pendidikan jenjang sekolah dasar meliputi;
- Aspek perkembangan pada anak sekolah dasar
- Kurikulum pendidikan anak sekolah dasar
- Proses pembelajaran dan layanan pendidikan anak sekolah dasar
- Evaluasi Pendidikan pada jenjang sekolah dasar
- Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada pendidikan jenjang sekolah dasar
Bagi para akademisi, dosen, maupun peneliti yang ingin berkontribusi dalam jurnal ini, dapat mengirimkan artikel ilmiah yang dimiliki. Artikel ilmiah yang diajukan pada jurnal ini harus artikel yang belum pernah diterbitkan pada jurnal lain
Pedoman Etika Publikasi Jurnal
Penerbitan sebuah artikel dalam sejawat-ditinjau Jurnal CAKRAWALA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STIT Muhammadiyah Bojonegoro merupakan sebuah blok bangunan penting dalam pengembangan jaringan pengetahuan yang koheren dan dihormati. Ini adalah refleksi langsung dari kualitas karya penulis dan lembaga yang mendukung mereka. Peer-review artikel dukungan dan mewujudkan metode ilmiah. Oleh karena itu, penting untuk menyepakati standar perilaku etis yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor jurnal, pengulas sejawat, penerbit dan masyarakat.
STIT Muhammadiyah Bojonegoro selaku penerbit Jurnal CAKRAWALA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahmengambil tugas perwalian atas semua tahapan penerbitan secara serius dan kami mengakui tanggung jawab etis dan lainnya. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang, atau pendapatan komersial lainnya tidak berpengaruh atau berpengaruh pada keputusan editorial.
Keputusan Publikasi
Penyunting AJurnal CAKRAWALA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang dikirimkan ke jurnal tersebut. Validasi pekerjaan yang bersangkutan dan pentingnya untuk para peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Para Editor dapat dibimbing oleh kebijakan Dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum seperti yang kemudian berlaku mengenai fitnah, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Editor dapat berunding dengan editor lain atau pengulas dalam membuat keputusan ini.
Kewajaran
Seorang editor setiap saat mengevaluasi naskah untuk konten intelektual mereka tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau Filsafat politik para penulis.
Kerahasiaan
Editor dan staf editorial tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang diajukan kepada siapapun selain penulis yang sesuai, pengulas, Peninjau potensial, penasihat editorial lainnya, dan penayang, sebagaimana mestinya.
Pembetitahuan dan Konflik Kepentingan
Materi yang tidak diterbitkan diungkapkan dalam naskah yang diajukan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.
Tugas Reviewer
Kontribusi untuk Keputusan Editorial
Jurnal CAKRAWALA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STIT Muhammadiyah Bojonegoro menggunakan proses peninjauan double-blind. Peer review membantu editor dalam membuat keputusan editorial. Editor berkomunikasi dengan penulis dalam meningkatkan kualitas standar kertas nya.
Ketepatan
Apapun pilihan yang merasa tidak memenuhi syarat untuk melakukan review penelitian yang dilaporkan dalam sebuah naskah harus memberitahukan editor dan alasan dirinya dari proses peninjauan. Editor segera mengirim naskah ke wasit lain.
Kerahasiaan
Apa pun naskah yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Mereka tidak boleh diperlihatkan atau dibahas dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.
Standar Objektivitas
Harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi dari penulis adalah tidak pantas. Referees harus mengekspresikan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen pendukung.
Pengakuan sumber
Pengulas harus mengidentifikasi karya yang diterbitkan relevan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa pengamatan, derivasi, atau argumen sebelumnya telah dilaporkan harus disertai dengan kutipan yang relevan. Seorang pengulas juga harus meminta perhatian editor apapun kesamaan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dipertimbangkan dan kertas lain yang diterbitkan yang mereka memiliki pengetahuan pribadi.
Pemberitahuan dan Konflik Kepentingan
Hak istimewa informasi atau ide yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Pengulas tidak boleh menganggap manuskrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang diakibatkan oleh persaingan, kolaboratif, atau hubungan lain atau koneksi dengan salah satu penulis, perusahaan, atau institusi yang terhubung dengan makalah.
Tugas Penulis
Laporan Standar
Pengarang harus menyajikan sebuah laporan yang akurat dari pekerjaan yang dilakukan serta diskusi objektif signifikansi. Data yang mendasari harus diwakili secara akurat di dalam kertas. Sebuah makalah harus berisi detail yang cukup dan referensi untuk mengizinkan orang lain untuk meniru pekerjaan. Pernyataan curang atau tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.
Orisinalitas dan Plagiarisme
Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis sepenuhnya karya asli, dan jika para penulis telah menggunakan pekerjaan dan/atau kata lain bahwa hal ini telah dikutip atau dikutip dengan tepat.
Beberapa, Redundan bersamaan Publikasi
Seorang penulis tidak boleh menerbitkan manuskrip yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan karena itu tidak dapat diterima.
Pengakuan Sumber
Pengakuan yang tepat dari pekerjaan orang lain adalah wajib. Penulis harus mengutip publikasi yang telah berpengaruh dalam menentukan sifat pekerjaan saat ini.
Pengarang
Pengarang hendaknya terbatas kepada mereka yang telah membuat kontribusi yang signifikan terhadap manuskrip tersebut. Semua orang yang telah membuat kontribusi yang sangat signifikan harus terdaftar sebagai co-penulis. Di mana ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis yang sesuai harus memastikan bahwa semua rekan penulis yang sesuai dan tidak ada co-penulis yang tidak pantas disertakan di atas kertas, dan bahwa semua rekan penulis telah melihat dan menyetujui versi final dari kertas dan telah sepakat untuk diserahkan untuk publikasi.
Pemberitahuan dan Konflik Kepentingan
Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka setiap keuangan atau konflik substantif penting lainnya yang dapat ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus diungkapkan.
Kesalahan Mendasar dalam Karya yang Diterbitkan
Ketika seorang penulis menemukan kesalahan yang signifikan atau ketidaktepatan dalam karyanya sendiri diterbitkan, itu adalah kewajiban penulis untuk segera memberitahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki kertas.
JJurnal CAKRAWALA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah diterbitkan oleh
STIT Muhammadiyah Bojonegoro
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Bojonegoro Jln. Dr. Setyo Budi No. 03 Bojonegoro, Jawa Timur, Indonesia, telepon: (0353) 885951