Pendidik dan Peserta Didik dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam

Authors

  • Sunki Mahmud Sulthon Universitas Muhammadiyah Malang Author
  • Luthfi Anis Muadzin Universitas Muhammadiyah Malang Author
  • Faridi Universitas Muhammadiyah Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.59829/9qh89h94

Keywords:

Pendidik, Peserta Didik, Filsafat Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pendidik dan peserta didik dalam perspektif filsafat pendidikan 
Islam. Pendidikan tidak hanya bertujuan mentransfer ilmu tetapi juga nilai budaya yang 
membentuk kepribadian peserta didik. Dalam Islam, pendidikan mencakup konsep tarbiyah, 
ta’dīb, dan ta‘līm yang bertujuan mendekatkan diri kepada Allah dan berlandaskan pada al
Qur’an dan Hadis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Hasil 
penelitian ini menunjukkan bahwa pendidik memiliki peran sebagai teladan dan bertanggung 
jawab atas perkembangan peserta didik secara menyeluruh. Seorang pendidik juga merupakan 
orang dewasa yang bertanggung jawab memberikan bantuan kepada peserta didik dalam 
perkembangan fisik dan spiritual mereka, agar mereka dapat mencapai kedewasaan, berdiri 
sendiri, dan memenuhi tanggung jawab mereka sebagai hamba dan khalifah Allah Swt.  Peserta 
didik, sebagai individu dalam proses menuju kesempurnaan, memiliki tanggung jawab untuk 
belajar dengan sungguh-sungguh dan menghormati guru. Setiap peserta didik perlu menyadari 
tanggung jawab mereka jika proses pendidikan Islam adalah untuk mencapai tujuan yang 
dimaksudkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-09-13 — Updated on 2024-09-13

Versions

How to Cite

Pendidik dan Peserta Didik dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. (2024). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 103-110. https://doi.org/10.59829/9qh89h94