Pendidik dan Peserta Didik dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.59829/9qh89h94Keywords:
Pendidik, Peserta Didik, Filsafat Pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang pendidik dan peserta didik dalam perspektif filsafat pendidikan
Islam. Pendidikan tidak hanya bertujuan mentransfer ilmu tetapi juga nilai budaya yang
membentuk kepribadian peserta didik. Dalam Islam, pendidikan mencakup konsep tarbiyah,
ta’dīb, dan ta‘līm yang bertujuan mendekatkan diri kepada Allah dan berlandaskan pada al
Qur’an dan Hadis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pendidik memiliki peran sebagai teladan dan bertanggung
jawab atas perkembangan peserta didik secara menyeluruh. Seorang pendidik juga merupakan
orang dewasa yang bertanggung jawab memberikan bantuan kepada peserta didik dalam
perkembangan fisik dan spiritual mereka, agar mereka dapat mencapai kedewasaan, berdiri
sendiri, dan memenuhi tanggung jawab mereka sebagai hamba dan khalifah Allah Swt. Peserta
didik, sebagai individu dalam proses menuju kesempurnaan, memiliki tanggung jawab untuk
belajar dengan sungguh-sungguh dan menghormati guru. Setiap peserta didik perlu menyadari
tanggung jawab mereka jika proses pendidikan Islam adalah untuk mencapai tujuan yang
dimaksudkan.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2024-09-13 (2)
- 2024-09-13 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sunki Mahmud Sulthon, Luthfi Anis Muadzin, Faridi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.