Pembelajaran Al Islam Berbasis Edutainment di SMA Muhammadiyah 1 Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.59829/kqynnn11Keywords:
Pembelajaran, Al Islam, EdutainmentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan pembelajaran Al Islam berbasis Edutaiment dengan metode pembelajaran edukatif di SMA Muhammadiyah 1 Bojonegoro sehingga siswa akan lebih tertarik untu memahami materi pelajaran Al Islam. Metode penelitian yang dilakukan dengan analisis deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif dengan pengumpulan data dan wawancara pada guru Al Islam dan beberapa siswa kelas XII, dengan menggunakan metode studi kasus dan berdasarkan kajian Pustaka dapat mengetahui pengembangan pembelajaran Al Islam di SMA Muhammadiyah 1 Bojonegoro. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh penelitian ini menggunakan model Miles, Hubermandn Saldana dengan langkah-langkah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa pembelajaran PAI berbasis edutainment di SMA Muhammadiyah 1 Bojonegoro melibatkan permainan edukatif seperti Rebut Bola, Kuis, dan Tantangan Mencocokkan Hadis. Tujuan dari permainan ini adalah meningkatkan konsentrasi, pemahaman materi, dan keterlibatan aktif siswa. Permainan ini mendorong siswa untuk berpikir cepat dan tepat dalam mengambil keputusan, serta memperdalam pemahaman mereka terhadap nilai-nilai Islam secara interaktif. Evaluasi pembelajaran menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis edutainment dapat meningkatkan minat belajar, pengetahuan, dan pemahaman siswa
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sunki Mahmud Sulthon, Romelah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.