PANDANGAN HIDUP MOHAMMAD HATTA SEBAGAI FALSAFAH PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Authors

  • Ahmad Syauqi Fuady Author

DOI:

https://doi.org/10.59829/g0a3vv97

Keywords:

pandangan hidup, Mohammad Hatta, filsafat, pendidikan Islam

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan pandangan Mohammad Hatta tentang Tuhan, alam semesta, manusia, ilmu pengetahuan, dan masyarakat sebagai filsafat pendidikan Islam di Indonesia. Pertama, Tuhan bagi Mohammad Hatta adalah Sang Pencipta dan Maha Esa. Wujud kepercayaan manusia kepada Tuhan adalah keimanan dan amal shaleh. Kedua, alam semesta adalah ciptaan Tuhan. Alam semesta diciptakan Tuhan untuk dimanfaatkan dan dikelola manusia dengan ilmu pengetahuannya. Ketiga, Mohammad Hatta menilai manusia diciptakan dengan dua tanggung jawab utama yaitu ibadah dan khilafah. Manusia di dunia ini berkewajiban untuk mencari bekal kehidupan abadi di akhirat. Keempat, ilmu pengetahuan bagi Mohammad Hatta tidak terpisah dari agama. Keduanya sama pentingnya, meskipun memiliki metode dan pendekatan yang berbeda. Kelima, mengenai manusia, Mohammad Hatta memandang manusia adalah makhluk individu yang bersifat sosial. Hak asasi manusia individu dihormati dengan berusaha membentuk masyarakat yang saling tolong-menolong, persaudaraan, dan musyawarah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-03-17

How to Cite

PANDANGAN HIDUP MOHAMMAD HATTA SEBAGAI FALSAFAH PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. (2025). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 10-22. https://doi.org/10.59829/g0a3vv97