استراتيجية ترقية كفاءة معلم اللغة العربية في المرحلة المتوسطة بمنطقة سورابايا
DOI:
https://doi.org/10.59829/gah25031Keywords:
strategi, kompetensi, guru bahasa arabAbstract
Guru merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam keberhasilan suatu pendidikan. Faktor-faktor tersebut diyakini memiliki peran yang sangat strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan. Guru yang berkualitas memiliki dampak besar terhadap efektifitas pembelajaran. Rendahnya kualitas pembelajaran bahasa Arab salah satunya disebabkan oleh rendahnya kualitas guru yang mengajar bahasa Arab, Banyaknya guru yang tidak memiliki kualifikasi Pendidikan Bahasa Arab mengakibatkan rendahnya kompetensi guru terutama pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Selain itu kurangnya perhatian khusus akan pentingnya guru yang berkualitas untuk mensukseskan pendidikan khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Kompetensi guru bahasa Arab pendidikan menengah di kota surabaya cukup rendah, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal, 2) Standarisasi kompetensi guru bahasa Arab pendidikan menengah di Kota Surabaya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Bab VI Bagian Kesatu Tentang Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 pasal 2 dan 3 Bagian Kesatu tentang Kompetensi Guru, selain itu Standardisasi yang merupakan Kebijakan Kementerian Agama Kota Surabaya Masa Kerja, 3) Strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru Bahasa Arab tingkat menengah kota surabaya antara lain: dari kompetensi pedagogik: 1). Pengawasan kelas dan administrasi, 2). Pendekatan Pribadi (3). Pelatihan Evaluasi Diri, 4). Pemberdayaan Penilaian Kinerja Guru (PKG), 5). Uji Kompetensi Guru (UKG), 6). Program Peningkatan Kompetensi Berkelanjutan (PPKB), 7).Pengakuan (Reward). Dan Sedangkan dari kompetensi profesional: 1). Pemberdayaan KKM dan MGMP, 2). Pelatihan atau Up Grading Bahasa Arab, 3). Pemberdayaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), 4). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis IT, 5). Pekerjaan Bergulir AKTIF.