تطوير المواد التعليمية في كتاب دروس اللغة العربية لتنمية المهارات اللغوية (البحث والتطوير مع التطبيق على طلاب الصف العاشر في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية رنجيل طوبان)
DOI:
https://doi.org/10.59829/p9hnqk72Kata Kunci:
bahan ajar, Kitab Durus al-Lughah al-Arabiyah, Ketrampilan BerbahasaAbstrak
Pada penelitian ini, penulis mengembangkan buku ajar bahasa arab Durus al-Lughoh al-Arabiyah yang merupakan salah satu buku ajar yang diajarkan di Madrasah Aliyah Negri Rengel Tuban. Peneliti menggunakan metode pengembangan (R&D) dan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, adapun instrument pengumpulan data penelitian ini yaitu: Observasi, interview, dokumentasi, dan tes, dan tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test. Hasil penelitian adalah peneliti menghasilkan sebuah buku dengan materi-materi baru di kitab Durus al-Lughoh al-Arabiyah dengan menggunakan empat keterampilan bahasa, yaitu penambahan berbagai warna dan latihan-latihan. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pengembangan materi materi bahasa arab di kitab Durus al-Lughoh al-Arabiyah untuk empat keterampilan bahasa di MAN Rengel Tuban pada siswa kelas 10 adalah “efektif”. Dengan bukti bahwa nilai T account setiap kemampuan bahasa (Mendengar= 22,81 Berbicara= 20,64 Membaca= 22,54 Menulis= 21,97) lebih besar dari pada T table 2,39