تكوين البيئة اللغوية في معهد منبع الصالحين في سوجي منيار كرسيك
DOI:
https://doi.org/10.59829/s5mn5557Kata Kunci:
Linkungan, Bahasa Arab, Pondok PesantrenAbstrak
Lingkungan adalah apa yang ada di sekitar kita atau tempat di mana terdapat faktor-faktor yang sesuai untuk kehidupan organisme atau sekelompok organisme hidup pada khususnya, dan dia memiliki faktor eksternal yang kuat yang mempengaruhi manusia dan perilaku mereka, sedangkan pendapat petunjuk ahli Dalam bahasa Arab dikatakan bahwa lingkungan adalah segala faktor fisik maupun moral yang berpengaruh kedudukannya dalam proses pembelajaran dan menarik siswa dalam keterampilan bahasa Arab dan mendorong mereka untuk mempraktekkan dalam realitas kehidupan sehari-hari.
Hasil penelitian ini adalah (1) Bahwa pembentukan lingkungan bahasa Arab di pondok pesantren Mambaus Sholikhin sudah terbentuk sejak awal pondok, dimana pun mereka berada dipatuhi untuk mengamalkan bahasa Arab di pondok pesantren ini kecuali di kamar mandi. Suasana berbahasa arab di dalam kelas dan di luar kelas. Mereka harus menggunakan bahasa arab dimana-mana karena bahasa arab adalah ciri khusus dari mambaus sholikhin, karena bahasa arab adalah bahasa al-quran. (2) Strategi lingkungan bahasa Arab di Pondok Pesantren Mambaus Sholikhin meliputi pendirian lokasi bahasa Arab, adanya mata-mata di pondok pesantren, kemudian kursus bahasa Arab dan kegiatan untuk meningkatkan bahasa Arab mereka. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi lingkungan berbicara n hal (a) guru (b) mata-mata, (c) Kursus bahasa Arab, (d) pidato, (e) Penyampaian kosa kata, (f) penyampaian dalam menghafal nadzom Alfiyah, (g) kegiatan mingguan, (h) Arabian Nights, (i) Siaran dalam bahasa Arab, (j) majalah dinding, dan (k) Metode El- Syarif.