فعالية استخدام هوت بوتاتوس (Hot Potatoes) لترقية مهارة القراءة في مدرسة إنسان جندكيا منديري المتوسطة الداخلية بسدوارجو
DOI:
https://doi.org/10.59829/cktwvs43Kata Kunci:
media, hot potatoes, keterampilan membacaAbstrak
Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia diselenggarakan di sekolah-sekolah agama dan Pondok Pesantren, namun kebanyakan pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan sistem tradisional dan jarang sekali menggunakan media pembelajaran yang inovatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen menggunakan pendekatan Kuantitatif, dengan variable bebas penggunaan Hot Potatoes dan Variabel terikat keterampilan membaca siswa. Instrumen pengumpulan data terdiri dari Observasi, Wawancara, Angket, dan Tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan hot potatoes di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School dapat dikatakan efektif, hal ini dtunjukkan dengan meningkatnya nilai siswa setelah penggunaan hot Potatoes, selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai T Hitung (-12.213) lebih besar dari nilai T Tabel (2.30) hal ini menunjukkan ditolaknya Ho dengan nilai signifikansi 0.000 yang lebih kecil dari 0.005. hal ini menunjukkan hipotesis bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan Hot Potatoes adalah efektif diterima