PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MENURUT ALQUR’AN SURAT AL-HUJURAT AYAT 11-13
DOI:
https://doi.org/10.59829/bp2wq795Keywords:
Al-Hujurat 11-13, Al-Qur’an, MultikulturalAbstract
Penelitian ini merupakan upaya untuk menemukan solusi mengenai konflik yang terjadi dalam
lembaga pendidikan tentang adanya latar belakang yang berbeda-beda dari peserta didik.
Peneliti menjadikan al-qur’an sebagai alat analisa dalam memecahkan permasalah tersebut.
Pendidikan multikultural dirasa relevan dengan al-Qur’an yang mengandung nilai-nilai
universal. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Mengetahui konsep pendidikan multikultural
dalam al-Qur’an surat Al-Hujurat ayat 11-13. 2). Nilai-nilai pendidikan multikultural yang
terkandung dalam al-Qur’an surat al-Hujurat ayat 11-13. 3). Pelaksanaan pendidikan
multikultural menurut al-Qur’an surat al-Hujurat ayat 11-13. Penelitian ini adalah library
research, yaitu penelitian di mana objek penelitiannya digali lewat berbagai sumber
kepustakaan. Untuk membahas permasalahan-permasalahan dalam penelitian ini, peneliti
menggunakan pendekatan kajian tafsir maudhu’i. Metode ini penulis gunakan untuk
manganalisis ayat-ayat yang membicarakan tema yang sama, yang kemudian peneliti kaitkan
dengan paparan mengenai pendidikan multikultural. Sehingga dapat ditemukan titik temu,
bahwa al-Qur’an pun telah menjelaskan nilai-nilai multikultural yang ada daalm dunia
pendidikan.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2025-01-22 (4)
- 2024-03-08 (3)
- 2024-03-08 (2)
- 2024-03-07 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.