Pendidikan Multikultural Menurut Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 11-13

Authors

  • Ahmad Khundori STIT Muhammadiyah Bojonegoro Author

DOI:

https://doi.org/10.59829/bp2wq795

Keywords:

Al-Hujurat 11-13, Al-Qur'an, Multikultural

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk menemukan solusi mengenai konflik yang terjadi dalam lembaga pendidikan tentang adanya latar belakang yang berbeda-beda dari peserta didik. Peneliti menjadikan al-qur’an sebagai alat analisa dalam memecahkan permasalah tersebut. Pendidikan multikultural dirasa relevan dengan al-Qur’an yang mengandung nilai-nilai universal. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Mengetahui konsep pendidikan multikultural dalam al-Qur’an surat Al-Hujurat ayat 11-13. 2). Nilai-nilai pendidikan multikultural yang terkandung dalam al-Qur’an surat al-Hujurat ayat 11-13. 3). Pelaksanaan pendidikan multikultural menurut al-Qur’an surat al-Hujurat ayat 11-13. Penelitian ini adalah library research, yaitu penelitian di mana objek penelitiannya digali lewat berbagai sumber kepustakaan. Untuk membahas permasalahan-permasalahan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kajian tafsir maudhu’i. Metode ini penulis gunakan untuk manganalisis ayat-ayat yang membicarakan tema yang sama, yang kemudian peneliti kaitkan dengan paparan mengenai pendidikan multikultural. Sehingga dapat ditemukan titik temu, bahwa al-Qur’an pun telah menjelaskan nilai-nilai multikultural yang ada daalm dunia pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-03-07 — Updated on 2024-03-08

Versions

How to Cite

Pendidikan Multikultural Menurut Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 11-13. (2024). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 40-50. https://doi.org/10.59829/bp2wq795 (Original work published 2024)