PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MENURUT ALQUR’AN SURAT AL-HUJURAT AYAT 11-13

Authors

  • Ahmad Khundori STIT Muhammadiyah Bojonegoro Author

DOI:

https://doi.org/10.59829/bp2wq795

Keywords:

Al-Hujurat 11-13, Al-Qur’an, Multikultural

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk menemukan solusi mengenai konflik yang terjadi dalam 
lembaga pendidikan tentang adanya latar belakang yang berbeda-beda dari peserta didik. 
Peneliti menjadikan al-qur’an sebagai alat analisa dalam memecahkan permasalah tersebut. 
Pendidikan multikultural dirasa relevan dengan al-Qur’an yang mengandung nilai-nilai 
universal. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Mengetahui konsep pendidikan multikultural 
dalam al-Qur’an surat Al-Hujurat ayat 11-13. 2). Nilai-nilai pendidikan multikultural yang
terkandung dalam al-Qur’an surat al-Hujurat ayat 11-13. 3). Pelaksanaan pendidikan
multikultural menurut al-Qur’an surat al-Hujurat ayat 11-13. Penelitian ini adalah library 
research, yaitu penelitian di mana objek penelitiannya digali lewat berbagai sumber 
kepustakaan. Untuk membahas permasalahan-permasalahan dalam penelitian ini, peneliti
menggunakan pendekatan kajian tafsir maudhu’i. Metode ini penulis gunakan untuk 
manganalisis ayat-ayat yang membicarakan tema yang sama, yang kemudian peneliti kaitkan
dengan paparan mengenai pendidikan multikultural. Sehingga dapat ditemukan titik temu, 
bahwa al-Qur’an pun telah menjelaskan nilai-nilai multikultural yang ada daalm dunia 
pendidikan. 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-03-07 — Updated on 2025-01-22

Versions

How to Cite

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MENURUT ALQUR’AN SURAT AL-HUJURAT AYAT 11-13. (2025). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 40-50. https://doi.org/10.59829/bp2wq795 (Original work published 2024)