PENERAPAN PEMBELAJARAN QOWA’ID DENGANMENGGUNAKAN METODE AMSILATI

Authors

  • Ibnu Mas ud Luthfi Ibnu Mas ud Luthfi STAI At Tahdzib Ngoro Jombang Author

DOI:

https://doi.org/10.59829/4mzp9112

Keywords:

Metode amtsilati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan penerapan pembelajaran Qowaid dengan menggunkan metode amtsilati. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yang menggunakan rencana penelitian Tindakan kelas atau dikenal PTK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  63% dari 20 santri kelas satu memberi tanggapan yang positif terhadap pembelajaran Qowaid dengan menggunakan metode amtsilati, padahal sebelun melaksanakan penelitian santri memberi respon yang  kurang  Hasil tes rata-rata nilai ulangan harian menjadi meningkat dari 73% sebelum penelitian menjadi 76 pada siklus 1.ketuntasan belajar klasikal meningkat dari 60% sebelum penelitian menjadi 73% pada siklus 1 dan Hasil belajar metode amtsilati yang ditujukan oleh rata-rata ulangan harianya meningkat dari  menjadi 80% pada siklus II. Aktifitas ustad mencapai 100% pada siklus II(dari 80% pada siklus pertama).sedangkan respon positif santri terhadap penerapan pembelajaran Qowa’id dengan menggunakan metode amtsilati masih belum ada peningkatan dari 75% siklus I menjadi 75% dari siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-03-07 — Updated on 2024-03-08

Versions

How to Cite

PENERAPAN PEMBELAJARAN QOWA’ID DENGANMENGGUNAKAN METODE AMSILATI. (2024). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 51-64. https://doi.org/10.59829/4mzp9112 (Original work published 2024)