PENERAPAN PEMBELAJARAN QOWA’ID DENGANMENGGUNAKAN METODE AMSILATI
DOI:
https://doi.org/10.59829/4mzp9112Keywords:
Metode amtsilatiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan penerapan pembelajaran Qowaid dengan menggunkan metode amtsilati. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yang menggunakan rencana penelitian Tindakan kelas atau dikenal PTK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 63% dari 20 santri kelas satu memberi tanggapan yang positif terhadap pembelajaran Qowaid dengan menggunakan metode amtsilati, padahal sebelun melaksanakan penelitian santri memberi respon yang kurang Hasil tes rata-rata nilai ulangan harian menjadi meningkat dari 73% sebelum penelitian menjadi 76 pada siklus 1.ketuntasan belajar klasikal meningkat dari 60% sebelum penelitian menjadi 73% pada siklus 1 dan Hasil belajar metode amtsilati yang ditujukan oleh rata-rata ulangan harianya meningkat dari menjadi 80% pada siklus II. Aktifitas ustad mencapai 100% pada siklus II(dari 80% pada siklus pertama).sedangkan respon positif santri terhadap penerapan pembelajaran Qowa’id dengan menggunakan metode amtsilati masih belum ada peningkatan dari 75% siklus I menjadi 75% dari siklus II.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2024-03-08 (2)
- 2024-03-07 (1)