IMPLEMENTASI MONTASE DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PEMBINA RANGKUI KOTA PANGKALPINANG

Authors

  • Dian Kurnia Sari IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Author
  • Abdi Susanto IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Author
  • Nurul Qomariah Nurul IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Author
  • Edo Dwi Cahyo IAIN Metro Lampung Author

DOI:

https://doi.org/10.59829/fwh54c51

Keywords:

anak usia dini, montase, motorik halus

Abstract

Perkembangan motorik halus merupakan salah satu aspek penting dalam tumbuh kembang anak usia dini yang berkaitan dengan kemampuan mengontrol gerakan tangan dan jari-jari untuk melakukan tugas-tugas yang lebih rinci, seperti menulis, menggambar, atau meronce. Salah satu kegiatanyang dinilai efektif untuk melatih motorik halus anak yakni kegiatan montase, yaitu teknik seni yang melibatkan penyusunan berbagai potongan gambar atau material menjadi sebuah karya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tiga tahap, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi montase secara signifikan meningkatkan perkembangan motorik halus anak-anak di TK Pembina Rangkui. Setelah mengikuti kegiatan montase, anak-anak menunjukkan peningkatan dalam kemampuan memegang dan menggunakan alat seperti gunting dan lem, serta kemampuan menyusun dan menempelkan gambar secara lebih terkoordinasi. Peningkatan ini diindikasikan oleh skor perkembangan motorik halus yang lebih baik dibandingkan sebelum intervensi montase dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-09-13 — Updated on 2024-09-26

Versions

How to Cite

IMPLEMENTASI MONTASE DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PEMBINA RANGKUI KOTA PANGKALPINANG. (2024). At-Thufail Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 63-70. https://doi.org/10.59829/fwh54c51 (Original work published 2024)