IMPLEMENTASI MONTASE DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PEMBINA RANGKUI KOTA PANGKALPINANG

Penulis

  • Dian Kurnia Sari IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Penulis
  • Abdi Susanto IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Penulis
  • Nurul Qomariah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Penulis
  • Edo Dwi Cahyo IAIN Metro Lampung Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/fwh54c51

Kata Kunci:

anak usia dini, montase, motorik halus

Abstrak

Perkembangan motorik halus merupakan salah satu aspek penting dalam tumbuh kembang anak usia dini yang berkaitan dengan kemampuan mengontrol gerakan tangan dan jari-jari untuk melakukan tugas-tugas yang lebih rinci, seperti menulis, menggambar, atau meronce. Salah satu kegiatanyang dinilai efektif untuk melatih motorik halus anak yakni kegiatan montase, yaitu teknik seni yang melibatkan penyusunan berbagai potongan gambar atau material menjadi sebuah karya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tiga tahap, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi montase secara signifikan meningkatkan perkembangan motorik halus anak-anak di TK Pembina Rangkui. Setelah mengikuti kegiatan montase, anak-anak menunjukkan peningkatan dalam kemampuan memegang dan menggunakan alat seperti gunting dan lem, serta kemampuan menyusun dan menempelkan gambar secara lebih terkoordinasi. Peningkatan ini diindikasikan oleh skor perkembangan motorik halus yang lebih baik dibandingkan sebelum intervensi montase dilakukan

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-13 — Diperbaharui pada 2024-09-26

Versi

Cara Mengutip

IMPLEMENTASI MONTASE DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PEMBINA RANGKUI KOTA PANGKALPINANG. (2024). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 63-70. https://doi.org/10.59829/fwh54c51 (Original work published 2024)