MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI KEGIATAN BERNYANYI DI TK KARTIKA IV-47 BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.59829/1ds4w309Keywords:
anak usia dini, bahasa, bernyanyiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran secara mendalam mengenai bagaiamana
cara meningkatkan kemampuan berbahasa anak di TK Kartika IV-47 Bojonegoro. Penelitian ini
menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga
TK Kartika IV-47 pada setiap harinya dalam mengembangkan bahasa anak melalui kegiatan bernyanyi.
Hal itu terlihat dari sebelum bel masuk, lembaga sudah membunyikan musik yang menarik anak untuk
bernyanyi, kemudian senam dengan lagu yang mudah diingat dan dihafal oleh anak, dilanjutkan dengan
kegiatan baris-berbaris dimana pada saat baris berbaris guru mengajak anak untuk bernyanyi lagu wajib
nasional dan daerah pada setiap harinya. Selain itu, terdapat kegiatan bernyanyi seperti sebelum do’a
mau belajar dan pulang sekolah, mengenalkan keagamaan pada anak melalui bernyanyi dan bernyanyi
lagu sesuai dengan tema setiap minggunya.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2024-08-15 (2)
- 2024-03-17 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.