MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI KEGIATAN BERNYANYI DI TK KARTIKA IV-47 BOJONEGORO

Penulis

  • Novi Dyah Ayu Putri STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/1ds4w309

Kata Kunci:

anak usia dini

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran secara mendalam mengenai bagaiamana 
cara meningkatkan kemampuan berbahasa anak di TK Kartika IV-47 Bojonegoro. Penelitian ini 
menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada 
penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga 
TK Kartika IV-47 pada setiap harinya dalam mengembangkan bahasa anak melalui kegiatan bernyanyi. 
Hal itu terlihat dari sebelum bel masuk, lembaga sudah membunyikan musik yang menarik anak untuk 
bernyanyi, kemudian senam dengan lagu yang mudah diingat dan dihafal oleh anak, dilanjutkan dengan 
kegiatan baris-berbaris dimana pada saat baris berbaris guru mengajak anak untuk bernyanyi lagu wajib 
nasional dan daerah pada setiap harinya. Selain itu, terdapat kegiatan bernyanyi seperti sebelum do’a 
mau belajar dan pulang sekolah, mengenalkan keagamaan pada anak melalui bernyanyi dan bernyanyi 
lagu sesuai dengan tema setiap minggunya. 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-17 — Diperbaharui pada 2024-08-15

Versi

Cara Mengutip

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI KEGIATAN BERNYANYI DI TK KARTIKA IV-47 BOJONEGORO. (2024). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 68-74. https://doi.org/10.59829/1ds4w309 (Original work published 2024)