ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   LITERASI TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI

Authors

  • Binti Rosyidah STAI Miftahul ‘Ula Nganjuk Author
  • Silfia Wahyu Trisetiani STIT Muhammadiyah Bojonegoro Author

DOI:

https://doi.org/10.59829/8yv47n69

Keywords:

Anak Usia Dini, Perkembangan Bahasa , Pembelajaran Literasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan Gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran literasi terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan Teknik penggalian data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di TK ABA 2 Alam Bojonegoro, dilaksanakan pada bulan juli 2023 pada kelompok usia 4-5 tahun. Hasil penelitian meunjukkan pembelajaran literasi pada anak usia 4 – 5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Bojonegoro berjalan baik yang dilakukan setiap hari, setiap saat disemua pembelajaran mulai dari kegiatan jurnal pagi hingga anak pulang sekolah dengan metode pelabelan, read aloud, dan pencelupan literasi yang dibarengi dengan pembiasaan karakter. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pelaksanaan pembelajaran literasi terhadap perkembangan bahasa anak usia 4 – 5 tahun berjalan sesuai dengan harapan dan saling berkorelasi. Dikarenakan adanya dukungan penuh dari peran orang tua, dan peran guru sebagai fasilitator anak dalam menunjang perkembangan anak sesuai dengan tahapannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-09-14 — Updated on 2024-09-15

Versions

How to Cite

ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   LITERASI TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI. (2024). At-Thufail Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 24-32. https://doi.org/10.59829/8yv47n69 (Original work published 2024)