ANALISIS PELAKSANAN PEMBELAJARAN   LITERASI TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI

Penulis

  • Binti Rosyidah STAI Miftahul ‘Ula Nganjuk Penulis
  • Silfia Wahyu Trisetiani STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/8yv47n69

Kata Kunci:

Anak Usia Dini, Perkembangan Bahasa, Pembelajaran Literasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan Gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran literasi terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan Teknik penggalian data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di TK ABA 2 Alam Bojonegoro, dilaksanakan pada bulan juli 2023 pada kelompok usia 4-5 tahun. Hasil penelitian meunjukkan pembelajaran literasi pada anak usia 4 – 5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Bojonegoro berjalan baik yang dilakukan setiap hari, setiap saat disemua pembelajaran mulai dari kegiatan jurnal pagi hingga anak pulang sekolah dengan metode pelabelan, read aloud, dan pencelupan literasi yang dibarengi dengan pembiasaan karakter. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pelaksanaan pembelajaran literasi terhadap perkembangan bahasa anak usia 4 – 5 tahun berjalan sesuai dengan harapan dan saling berkorelasi. Dikarenakan adanya dukungan penuh dari peran orang tua, dan peran guru sebagai fasilitator anak dalam menunjang perkembangan anak sesuai dengan tahapannya

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-14 — Diperbaharui pada 2024-09-15

Versi

Cara Mengutip

ANALISIS PELAKSANAN PEMBELAJARAN   LITERASI TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI. (2024). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 24-32. https://doi.org/10.59829/8yv47n69 (Original work published 2024)