This is an outdated version published on 2024-08-15. Read the most recent version.

MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI PAUD

Authors

  • Nurul Qomariah Nurul IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Author
  • Eka Saptaning Pratiwi STIT Muhammadiyah Bojonegoro Author https://orcid.org/0009-0008-4065-5120
  • Hidayatu Munawaroh Universitas Sains Al Qur’an Wonosobo Author

DOI:

https://doi.org/10.59829/yg93qk53

Keywords:

manajemen, pendidikan karakter, anak usia dini

Abstract

Kondisi bangsa di dunia beberapa tahun terakhir ini dihadapkan pada kemerosotan moral pada
masyarakat, sehingga tidaklah heran kemudian timbul berbagai kasus yang berkenaan dengan hal tersebut,
seperti perundungan, tawuran, perusakan lingkungan dan lainnya, mulai dari kalangan anak usia dini yang
dapat menjadi pelaku atau pun sebagai korban hingga orang dewasa lanjut usia. Hal inilah yang membuat
para ahli pendidikan prihatin dengan kondisi bangsa dan kemudian memunculkan pendidikan karakter
sebagai jawaban atas permasalahan tersebut, dengan tujuan untuk memperbaiki nilai-nilai moral pada
masyarakat yang dimulai dengan mengimplementasikan pendidikan karakter di sekolah, tidak terkecuali
di lembaga PAUD sebagai lembaga formal pertama yang meletakkan pondasi karakter bagi anak usia dini.
Implementasi pendidikan karakter termanage dalam pembelajaran dan pembiasaan anak-anak sekolah,
dengan harapan dapat membentuk karakter melalui aktivitas mereka di sekolah. 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-03-17 — Updated on 2024-08-15

Versions

How to Cite

MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI PAUD. (2024). At-Thufail Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 39-48. https://doi.org/10.59829/yg93qk53 (Original work published 2024)