Model Instrumen Asesmen Riwayat Perkembangan Siswa Baru PAUD Plus Darussalam Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.59829/hj357205Kata Kunci:
anak usia dini, instrumen asesmen; riwayat perkembanganAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan model instrumen asesmen awal yang digunakan oleh lembaga untuk mendeteksi riwayat perkembangan anak usia dini siswa baru PAUD Plus Darussalam Bojonegoro. Asesmen riwayat perkembangan anak ini menjadi sumber data utama dan referensi awal bagi lembaga untuk mengakses informasi dan data kesehatan siswa baru, perkembangan dan kemampuan ataupun bakat anak, yang bersumber dari orang tua sehingga data ini berguna bagi guru dan lembaga dalam penanganan masalah perkembangan anak disekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen asesmen perkembangan anak ini sangat berguna bagi lembaga, khususnya bagi guru kelas sebagai acuan, referensi dan pijakan awal mendalami masalah yang muncul dalam penanganan perkembangan anak sehari-hari guna mendapatkan solusi yang tepat.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2024-08-15 (2)
- 2024-03-17 (1)
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.