Model Instrumen Asesmen Riwayat Perkembangan Siswa Baru PAUD Plus Darussalam Bojonegoro

Penulis

  • Sriyanti Sriyanti STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis
  • Aulia Singa Zanki STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/hj357205

Kata Kunci:

anak usia dini, instrumen asesmen; riwayat perkembangan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan model instrumen asesmen awal yang digunakan oleh lembaga untuk mendeteksi riwayat perkembangan anak usia dini siswa baru PAUD Plus Darussalam Bojonegoro. Asesmen riwayat perkembangan anak ini menjadi sumber data utama dan referensi awal bagi lembaga untuk mengakses informasi dan data kesehatan siswa baru, perkembangan dan kemampuan ataupun bakat anak, yang bersumber dari orang tua sehingga data ini  berguna bagi guru dan lembaga dalam penanganan masalah perkembangan anak disekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen asesmen perkembangan anak ini sangat berguna bagi lembaga, khususnya bagi guru kelas sebagai acuan, referensi dan pijakan awal mendalami masalah yang muncul dalam penanganan perkembangan anak sehari-hari guna mendapatkan solusi yang tepat.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-17 — Diperbaharui pada 2024-08-15

Versi

Cara Mengutip

Model Instrumen Asesmen Riwayat Perkembangan Siswa Baru PAUD Plus Darussalam Bojonegoro. (2024). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 83-92. https://doi.org/10.59829/hj357205 (Original work published 2024)