Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2024-08-15. Baca versi terbaru.

PENGARUH PENDIDIKAN NONFORMAL TERHADAP PEMAHAMAN AGAMA PADA JAMAAH PENGAJIAN AHAD PAGI MASYARAKAT MADANI DI KABUPATEN BOJONEGORO

Penulis

  • Taryono STIT Muhammadiyah Bojonegoro Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/ap6wce79

Kata Kunci:

pengaruh, pendidikan nonformal, pemahaman, bermasyarakat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menggali apa yang mendasari Bagaimana Pengaruh Pendidikan 
nonformal terhadap pemahaman agama pada jamaah pengajian ahad pagi “Masyarakat Madani” 
di Kabupaten Bojonegoro, pendekatan yang digunakan kuantitatif, sejauhmana pemahaman 
jamaah dapat terlibat dan memahami agama Islam. Permasalahan tersebut perlu dikaji karena 
penulis menyadari bahwa kondisi masyarakat menjadi baik apabila semua pihak memiiliki 
kepedulian terhadap lingkungan masyarakat dimana pendidikan merupakan sebuah kebutuhan, 
agama juga kunci manusia untuk hidup berdampingan di lingkungan masyarakatnya tersebut 
berada. Secara teoritis yaitu menelaah beberapa sumber literatur, sedangkan secara empiris 
mengadakan penelitian lapangan, dengan menggunakan metode : observasi, interfiew, 
dokumentasi, dan quesioner. Hasil dari penelitian ini ditemukan, pada taraf signifikansi 5 % pada 
N = 60 menunjukkan angka 0,254, sedangkan nilai rxy yang diperoleh adalah : 0,421 Dengan 
demikian rxy yang diperoleh lebih besar dari harga “r” dalam Tabel Taraf Signifikan 5%. 
Sedangkan pada taraf signifikan 1% pada N = 60 menunjukkan angka: 0,330, sedangkan nilai 
rxy yang diperoleh adalah 0,421. Maka rxy yang diperoleh lebih besar dari harga “r” dalam tabel 
taraf signifikan 1%.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-05 — Diperbaharui pada 2024-08-15

Versi