Metode Bercerita Oleh Orang Tua Sebagai Motivasi Membaca Pada Anak
DOI:
https://doi.org/10.59829/efkf7261Kata Kunci:
metode bercerita, orang tua, motivasi membacaAbstrak
Orang tua adalah pendidik utama anak dalam hal moral, agama, dan akademik yang di dalamnya terdapat kegiatan membaca. Membaca merupakan salah satu ketrampilan berbahasa yang tidak bisa terlepas dari ketrampilan lainnya sehingga posisinya penting dalam pendidikan. Metode bercerita mampu menjadi motivasi bagi anak pada kegiatan membaca, karena setiap anak dapat ditumbuhkan motivasi dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode bercerita yang diterapkan oleh orang tua sebagai motivasi membaca pada anak. Jenis penelitian adalah kualitatif, subyek penelitian berupa 10 orang tua dengan anak yang berada pada jenjang Sekolah Dasar, serta sudah menerapkan metode bercerita. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur. Hasil penelitian menjelaskan bahwa metode bercerita oleh orang tua merupakan bentuk motivasi ekstrinsik yang mampu memancing motivasi intrinsik anak. Hal ini terlihat dari semangat yang muncul ketika kegiatan bercerita akan dimulai, ketertarikan anak pada buku lebih awal, kemampuan mengeja huruf, kata, dan kalimat lebih awal, serta durasi anak untuk membaca buku dalam seminggu.