Penerapan Media Pembelajaran Kotak Cahaya dalam meningkatkan Hasil Belajar Materi Sifat Cahaya di SD Luqman Al Hakim Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.59829/518zz013Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya melalui media pembelajaran kotak cahaya di kelas 4 SD Luqman Al-Hakim Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek Penelitian ini adalah anak kelas 4 di SD Luqman Al-hakim Surabaya. Data tentang meningkatkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya diperoleh dengan menggunakan observasi aktivitas siswa dan hasil belajar siswa yang dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya melalui media pembelajaran kotak cahaya pada kelas 4. Hasil penelitian pra siklus menunjukkan nilai persentase 61%, siklus 1 nilai persentase 81%, siklus 2 nilai persentase 92%. Kesimpulan bahwa hasil belajar IPA kelas 4 SD Luqman Al-Hakim Surabaya mengalami kenaikan.