Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2025-03-17. Baca versi terbaru.

Model Pembelajaran PAI Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Sma Muhammadiyah 1 Bojonegoro

Penulis

  • Sunki Mahmud Sulthon Universitas Muhammadiyah Malang Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/fgkq4502

Kata Kunci:

Project-Based Learning, PAI, Minat Belajar

Abstrak

Project-Based Learning (PjBL) merupakan suatu bentuk pembelajaran yang berfokus pada siswa. Siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Melalui proses pembelajaran PjBL ini akan melatih pemikiran siswa dalam menghadapi masalah. Metode Penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, sedangkan berdasarkan metodenya jenis penelitian ini termasuk pada penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang digunakan untuk menggambarkan, menjelaskan, dan menjawab persoalan-persoalan tentang kejadian atau peristiwa yang terjadi saat ini. Tujuan Penelitian ini adalah: 1. untuk mengetahui metode pembelajaran PAI berbasis Proyek (PjBL) di SMA Muhammadiyah 1 Bojonegoro. 2. Untuk  mengetahui seberapa efektif metode Pembelajaran PAI berbasis Proyek (PjBL) dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMA Muhammadiyah 1 Bojonegoro di SMA Muhammadiyah 1 Bojonegoro. Hasil penelitian ini adalah : Pembelajaran PAI berbasis proyek (Project-Based Learning, PjBL) di SMA Muhammadiyah 1 Bojonegoro salah satunya adalah dengan membuat video pembelajaran dengan tahapan-tahapan sebagai berikut:  1) Menentukan Topik Proyek. 2)Menentukan Tujuan Pembelajaran. 3) Pembagian Tugas. 4) Produksi Video. 5) Editing dan Penyelesaian. 6) Presentasi dan Penilaian. 7) Refleksi.  8) Distribusi video. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, pembelajaran berbasis proyek melalui pembuatan video dapat berjalan dengan efektif dan menyenangkan.

Kata kunci : Project-Based Learning, PAI, Minat Belajar

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-17

Versi

Cara Mengutip

Model Pembelajaran PAI Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Sma Muhammadiyah 1 Bojonegoro. (2025). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 17-28. https://doi.org/10.59829/fgkq4502