Pengaruh Metode Talaqi Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Tingkat Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59829/r8ysqt38Kata Kunci:
Metode Talaqqi, Al-Qur’an, Sekolah DasarAbstrak
Sekolah Dasar merupakan lembaga pendidikan untuk anak-anak sekaligus sebagai rumah kedua bagi mereka untuk mengembangkan potensi, belajar beradaptasi dengan dunia luar, mengenal berbagai macam karakter terutama belajar al-Qur’an. Metode yang dapat digunakan dalam menghafal al-Qur’an tersebut harus tepat karena ditemukan permasalahan terkait metode, untuk itu penelitian ini difokuskan pada metode talaaqi dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang akan dibagikan kepada siswa. Hasil penelitian ini dapat diungkapkan bahwa dari data kuisioner dan 10 responden siswa-siswi kelas 5 SD Muhammadiyah 1 GKB Gresik, motode talaqqi dapat meningkatkan kemammpuan membaca al-Qur’an. 70% siswa menyatakan setuju dan 30% siswa menyatakan sangat setuju terkait metode talaqqi dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nur aizah Ratih Ningtiyas (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.