Pengaruh Metode Talaqi Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Tingkat Sekolah Dasar

Penulis

  • Nur aizah Ratih Ningtiyas Universitas Muhammadiyah Gresik Penulis
  • Noor Amirudin Universitas Muhammadiyah Gresik Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/r8ysqt38

Kata Kunci:

Metode Talaqqi, Al-Qur’an, Sekolah Dasar

Abstrak

Sekolah Dasar merupakan lembaga pendidikan untuk anak-anak sekaligus sebagai rumah kedua bagi mereka untuk mengembangkan potensi, belajar beradaptasi dengan dunia luar, mengenal berbagai macam karakter terutama belajar al-Qur’an. Metode yang dapat digunakan dalam menghafal al-Qur’an tersebut harus tepat karena ditemukan permasalahan terkait metode, untuk itu penelitian ini difokuskan pada metode talaaqi dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang akan dibagikan kepada siswa. Hasil penelitian ini dapat diungkapkan bahwa dari data kuisioner dan 10 responden siswa-siswi kelas 5 SD Muhammadiyah 1 GKB Gresik, motode talaqqi dapat meningkatkan kemammpuan membaca al-Qur’an. 70% siswa menyatakan setuju dan 30% siswa menyatakan sangat setuju terkait metode talaqqi dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-15