Studi Komparasi Hasil Belajar Online Siswa Kelas VIII Di SMP Islamic Qon Dan SMP Muhammadiyah 1 Gresik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.59829/bm1j4826Kata Kunci:
Learning Outcomes, Comparison, Islamic Religious EducationAbstrak
Pendidikan secara garis besar adalah usaha sadar untuk menumbuh kembangkan potensi sumber daya manusia melalui kegiatan belajar mengajar dan pelatihan agar anak didik dapat berperan dalam kehidupan di masa depan. Sejak masuknya virus corona di Indonesia membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan pendidikan baru tentang pembelajaran secara online dan bekerja dari rumah. Hal ini tentunya menuntut guru untuk lebih bisa menggunakan dan memanfaatkan berbagai macam platform pembelajaran sehingga siswa bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Begitupun yang dilakukan oleh guru dari kedua sekolah yaitu SMP Islamic Qon dan SMP Muhammadiyah 1 Gresik yang memakai beragam aplikasi yang berbeda. Dari perbedaan pemakaian media aplikasi inilah yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian apakah ada perbedaan hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif, teknik analisis komparatif dan uji independent sample t test yang melihat dari tiga aspek yaitu afektif, kognitif, dan psikomotor. Diperoleh hasil nilai afektif SMP IQON 74,60, kognitif 69,08, dan psikomotor 86,92. SMPM I Gresik memperoleh hasil 67,10, kognitif 85,17. psikomotor 88,57. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar dari kedua sekolah tersebut.
Education in general is a conscious effort to develop the potential of human resources through teaching and learning activities and training so that students can play a role in life in the future. Since the entry of the corona virus in Indonesia, the government has issued a new education policy regarding online learning and working from home. This certainly requires teachers to be better able to use and utilize various learning platforms so that students can get maximum results. This is also done by teachers from the two schools, namely SMP Islamic Qon and SMP Muhammadiyah 1 Gresik, which use various different applications. It is from the difference in the use of application media that makes researchers interested in conducting research on whether there are differences in student learning outcomes. The research method uses quantitative research types, comparative analysis techniques and independent sample t-tests that look at three aspects, namely affective, cognitive, and psychomotor. The results obtained for SMP IQON's affective value were 74.60, cognitive 69.08, and psychomotor 86.92. SMPM I Gresik obtained results of 67.10, cognitive 85.17. psychomotor 88.57. So it can be concluded that there are differences in learning outcomes from the two schools.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Disma Moynita Jinarsih, Hasan Basri, Mohammad Ahyan Yusuf Sya’bani (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.