تطبيق كتاب "مجموع الشريف" على أساس النظرية السلوكية
DOI:
https://doi.org/10.59829/407nkj70Kata Kunci:
Majmu’ Syarif, Analisis Konten, Teori BehaviorismeAbstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan kitab mambaus sholihin dengan asas teori behaviorisme di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi buku, wawancara, angket dan dokumentasi. Metode ini digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang analisis isi buku majmu’ syarif dengan asas teori behaviorisme dan penerapannya di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin. Dan diantara hasil dari penelitian ini adalah, (1) Bahwasanya penerapan kitab Majmu’ syarif di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin ini difokuskan pada pembahasan komunikasi atau berbicara, kosakata, membaca dan menulis, khususnya pada pembelajaran berbicara bahasa Arab. (2) Bahwasanya diterapkannya kitab majmu’ syarif dipondok pesantren tersebut dan diterapkannya setiap hari serta dilengkapi dengan media-media yang menunjang pembelajaran seperti lagu-lagu arab yang menarik merupakan karakteristik dari teori behaviorisme. Jadi teori ini sesuai dengan penerapan kitab majmu’ syarif di pondok pesantren mambaus sholihin.
The purposes of this research are to know about application of majmu' syarif in Mambaus Sholihin boarding school and also the application of the book based on behaviorism theory. The research method uses in this study is a descriptive qualitative method. The data collection methods consist of book observation, interview, questionnaire and documentation. This method is used to answer the research questions about the majmu 'syarif content which is related to behaviorism theory and its application in Mambaus Sholihin boarding school. The results of this study are, (1) The aplication of Majmu’ syarif in Mambaus Sholihin Boarding school is focused on the discussion of kalam, vocabulary,composition,reading and writing, those, it emphasized on kalam study. (2) The application of majmu’ syarif in this boarding school and it daily applications is equipped with media. The supporting media such as song is a characteristic of behaviorism theory. So, this theory in accordance with the application of majmu’ syarif in this boarding school.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Fitria Rahmatun Nisa (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.