Inovasi Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Di Era Digital Pada SMA IT Al-Fityan School Gowa

Penulis

  • Ummu Sulaimah Saleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Bojonegoro, Indonesia Penulis
  • M Sholih Salimul Uqba Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Bojonegoro, Indonesia Penulis
  • Nurlatipah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Bojonegoro, Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/axm0wx75

Kata Kunci:

Inovasi Bahan Ajar, Bahasa Arab, Era Digital

Abstrak

Dalam menghadapi era digital yang terus berkembang, pengembangan bahan ajar bahasa Arab di SMA IT Al-Fityan School Gowa memerlukan inovasi yang mampu memenuhi kebutuhan pembelajaran yang modern dan efektif. Artikel ini membahas berbagai inovasi yang diterapkan dalam pengembangan bahan ajar bahasa Arab, mulai dari integrasi teknologi multimedia hingga pemanfaatan platform e-learning interaktif. Tujuan utama inovasi ini adalah untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, memperluas aksesibilitas, serta mendukung berbagai gaya belajar siswa. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif melalui desain studi kasus, artikel ini menganalisis implementasi teknologi digital dalam bahan ajar bahasa Arab di SMA IT Al-Fityan School Gowa. Data diperoleh melalui wawancara mendalam semi-terstruktur dan dianalisis dengan tiga tahap teknik analisis data kualitatif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi mobile, video pembelajaran dan alat bantu digital lainnya secara signifikan meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap bahasa Arab. Artikel ini juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi, termasuk keterbatasan infrastruktur dan kesiapan tenaga pengajar. Rekomendasi diberikan untuk pengembangan berkelanjutan bahan ajar digital yang adaptif dan inklusif, guna menciptakan pengalaman belajar bahasa Arab yang lebih dinamis dan efektif di era digital saat ini. 

In facing the ever-evolving digital era, the development of Arabic teaching materials at Al-Fityan School Gowa IT High School requires innovations that are able to meet the needs of modern and effective learning. This article discusses various innovations applied in the development of Arabic teaching materials, ranging from the integration of multimedia technology to the utilization of interactive e-learning platforms. The main purpose of these innovations is to improve learning effectiveness, expand accessibility, and support students' various learning styles. Using qualitative research method through case study design, this article analyzes the implementation of digital technology in Arabic teaching materials at Al-Fityan School Gowa IT High School. Data were obtained through semi-structured in-depth interviews and analyzed with three stages of Miles and Huberman's qualitative data analysis technique: data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results showed that the use of mobile applications, learning videos and other digital aids significantly increased students' interest and understanding of Arabic. The article also identifies challenges faced, including limited infrastructure and teacher readiness. Recommendations are given for the continued development of adaptive and inclusive digital teaching materials, in order to create a more dynamic and effective Arabic learning experience in this digital era.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-18