Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Kurikulum Merdeka

Penulis

  • Shadiqul Wahdi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia Penulis
  • Mohammad Rizqi Alif Syuhada’ Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia Penulis
  • Ubaid Ridlo Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia Penulis
  • Raswan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/7ydfcz22

Kata Kunci:

Pembelajaran Bahasa Arab, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Kurikulum Merdeka.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran bahasa Arab berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam konteks Kurikulum Merdeka. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi pustaka yang menelaah berbagai literatur terkait konsep HOTS, strategi penyusunan soal, serta implementasinya dalam pembelajaran bahasa Arab. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan HOTS dalam pembelajaran bahasa Arab memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, analitis, serta problem solving peserta didik. Selain itu, integrasi HOTS sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila yang menekankan kompetensi adaptif, kolaboratif, dan kreatif sebagai bekal menghadapi tantangan abad ke-21. Namun, penerapannya menghadapi sejumlah kendala seperti keterbatasan sumber daya, kurangnya bahan ajar kontekstual, serta rendahnya motivasi siswa. Oleh karena itu, diperlukan peran aktif guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran, penyusunan soal berbasis HOTS, serta pemanfaatan media pembelajaran inovatif. Dengan demikian, pembelajaran bahasa Arab berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka tidak hanya meningkatkan penguasaan bahasa, tetapi juga membentuk peserta didik yang kritis, kreatif, dan berkarakter.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-15

Cara Mengutip

Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Kurikulum Merdeka. (2025). Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 137-152. https://doi.org/10.59829/7ydfcz22