Pengembangan Strategi Pembelajaran Insya’ Perspektif Rasyid Ahmad Thu‘aimah dan Ali Madkur sebagai Fondasi Keterampilan Produktif Bahasa Arab

Penulis

  • Fatimah Azzahra Putri Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia Penulis
  • Muhbib Abdul Wahab Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia Penulis
  • Akmal Walid Ahkas Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/vtjh0532

Kata Kunci:

composition, Rasyid Ahmad Thu‘aimah, Ali Ahmad Madkūr, maharah kitābah

Abstrak

Studi ini berfokus pada pengembangan strategi pembelajaran insya’ sebagai keterampilan puncak dalam bahasa Arab yang mengintegrasikan aspek linguistik, kognitif, dan afektif. Latar belakang penelitian ini adalah masih dominannya praktik pembelajaran insya’ yang bersifat struktural dan berorientasi hafalan kaidah sehingga tujuan komunikatif belum tercapai secara optimal. Penelitian bertujuan merumuskan strategi pengembangan pembelajaran insya’ berbasis sintesis pemikiran Rasyid Ahmad Thu‘aimah dan Ali Ahmad Madkūr sebagai fondasi keterampilan produktif bahasa Arab. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan studi kepustakaan dan analisis isi terhadap karya kedua tokoh serta literatur terkait maharah kitābah. Hasil kajian menunjukkan bahwa pilar latihan bermakna, komunikatif, integratif, dan bertahap menurut Thu‘aimah, jika dipadukan dengan pendekatan humanistik Madkūr yang menempatkan menulis sebagai proses kognitif–afektif dan reflektif, menghasilkan model pembelajaran insya’ yang komunikatif, kontekstual, dan berorientasi pada peserta didik.

This study focuses on the development of a composition learning strategy as a peak skill in Arabic that integrates linguistic, cognitive, and affective aspects. The background of this research is the dominance of structural-based composition learning practices that focus on memorizing rules, which means communicative goals are not optimally achieved. The study aims to formulate a strategy for developing composition learning based on the synthesis of the ideas of Rasyid Ahmad Thu‘aimah and Ali Ahmad Madkūr as the foundation for productive Arabic language skills. The method used is qualitative with literature study and content analysis of the works of these two figures and related literature on maharah kitābah. The findings show that the pillars of meaningful, communicative, integrative, and gradual practice according to Thu‘aimah, when combined with Madkūr's humanistic approach that positions writing as a cognitive-affective and reflective process, result in a communicative, contextual, and learner-oriented composition learning model.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-15

Cara Mengutip

Pengembangan Strategi Pembelajaran Insya’ Perspektif Rasyid Ahmad Thu‘aimah dan Ali Madkur sebagai Fondasi Keterampilan Produktif Bahasa Arab. (2025). Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 153-167. https://doi.org/10.59829/vtjh0532