تطوير المواد التعليمية في كتاب دروس اللغة العربية لتنمية المهارات اللغوية )البحث والتطوير مع التطبيق على طلاب الصف العاشر في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية رنجيل طوبان(

Penulis

  • M. Agus Fujiono Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Bojonegoro, Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/p3k1nk34

Kata Kunci:

Bahasa Arab, Keterampilan Bahasa

Abstrak

Pada penelitian ini, penulis mengembangkan buku ajar bahasa arab Durus al-Lughoh al-Arabiyah yang merupakan salah satu buku ajar yang diajarkan di Madrasah Aliyah Negri Rengel Tuban. Peneliti menggunakan metode pengembangan (R&D) dan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, adapun instrument pengumpulan data penelitian ini yaitu: Observasi, interview, dokumentasi, dan tes, dan tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test. Hasil penelitian adalah peneliti menghasilkan sebuah buku dengan materi-materi baru di kitab Durus al-Lughoh al-Arabiyah dengan menggunakan empat keterampilan bahasa, yaitu penambahan berbagai warna dan latihan-latihan. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pengembangan materi materi bahasa arab di kitab Durus al-Lughoh al-Arabiyah untuk empat keterampilan bahasa di MAN Rengel Tuban pada siswa kelas 10 adalah “efektif”. Dengan bukti bahwa nilai T account setiap kemampuan bahasa (Mendengar= 22,81 Berbicara= 20,64 Membaca= 22,54 Menulis= 21,97) lebih besar dari pada T table 2,39.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-11

Cara Mengutip

تطوير المواد التعليمية في كتاب دروس اللغة العربية لتنمية المهارات اللغوية )البحث والتطوير مع التطبيق على طلاب الصف العاشر في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية رنجيل طوبان(. (2023). Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.59829/p3k1nk34