Pengaruh Tahapan Melipat Media Kertas Buffalo terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK Ihyaul Ulum Lamongan

Penulis

  • Dwi saadah IAINU Tuban Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59829/q1kw7b77

Kata Kunci:

Tahapan Melipat, Kertas Buffalo, Motorik Halus

Abstrak

Penelitian Pre Eksperimental design dengan jenis one group pretest posttest ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tahapan melipat media kertas buffalo terhadap kemampuan motoric halus anak usia 4-5 tahun di TK Ihyaul Ulum. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Ihyaul Ulum Lamongan yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Wilcoxon Matched Pairs Test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Thitung=0 dan Ttabel untuk N=18 dengan taraf signifikan 5% sebesar 40, maka (0<40). Data tersebut menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian Pengaruh Tahapan Melipat Media Ketras Buffalo terhadap kemampuan motoric halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK Ihyaul Ulum Lamongan berpengaruh. Hal ini dikarenakan kegiatan melipat dilakukan sesuai dengan tahapannya. Selain itu, kertas buffalo ialah kertas yang bertekstur halus, licin dan seperti guratan kayu serta memiliki banyak pilihn warna dan cukup tebal. Jadi dapat disimpulkan bahwa tahapan melipat kertas buffalo berpengaruh terhadap kemampuan motoric halus anak usia 4-5 tahun di TK Ihyaul Ulum Lamongan. 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-05

Cara Mengutip

Pengaruh Tahapan Melipat Media Kertas Buffalo terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK Ihyaul Ulum Lamongan. (2025). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 77-83. https://doi.org/10.59829/q1kw7b77