Implementasi Pemberian Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak
DOI:
https://doi.org/10.59829/az4y4780Kata Kunci:
Anak Usia Dini, Motivasi Belajar, RewardAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana implementasi pemberian reward dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan pendekatan Miles dan Huberman melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:a) Implementasi Pemberian Reward dilaksanakan selama proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dimulai saat anak datang sampai dengan pulang b) bentuk pemberian reward yaitu: memberi pujian pada anak, memberi tanda bintang atau gambar yang disukai anak, memberi apresiasi berupa jempol, dan kata-kata positif yang lain. c) strategi dan metode yang diterapkan dalam pemberian apresiasi berupa reward, diantaranya: saat anak mandiri tanpa ditunggui dan melaksanakan kegiatan sendiri, saat anak bisa bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan sampai selesai, saat anak dapat menjawab pertanyaan atau berbuat baik pada hari itu. d) manfaat pemberian reward adalah diantaranya: anak mampu untuk mandiri dan mau sekolah sendiri, anak mampu bertanggung jawab melaksanakan kegiatan sendiri, anak mau melakukan kebaikan-kebaikan, anak berlomba menjawab pertanyaan dari guru, anak mampu menyelesaikan kegiatan yang diberikan guru pada hari itu, anak menjadi senang dan lebih bersemangat serta termotivasi untuk belajar.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sriyanti Sriyanti (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.